alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Serda Iman Meninggal, RSUD Deli Serdang: Kami Tak Temukan Tanda Kekerasan

Ricky Fernando Hutapea
Serda Iman Meninggal, RSUD Deli Serdang: Kami Tak Temukan Tanda Kekerasan
Serda Berkat Iman Gea disemayamkan di rumah duka, Desa Binaka, Kota Gunungsitoli, Kamis (7/11/2019). Keluarga memutuskan menunda pemakamannya dan akan divisum ulang karena menilai kematiannya janggal. (Foto: iNews/Iman Jaya Lase

PEMATANGSIANTAR - Terkait meninggal dunianya Serda Iman Berkat Gea anggota TNI AD Yonif 122 Tombak Sakti dalam latihan bela diri, pihak RSUD Deliserdang memberikan klarfikasinya.

Serda Iman Berkat Gea divisum et repertum (VER) luar tubuh oleh tim medis RSUD Deli Serdang dan tidak menemukan adanya tanda- tanda kekerasan yang menjadi penyebab kematian. (Baca juga: Serda TNI Iman Meninggal saat Latihan, Keluarga Menilai Ada Kejanggalan)

Kepala Staf Medis Fungsional (SMF) RSUD Deli Serdang,Abdul Gafar Parinduri yang dihubungi Sindonews.com via telepon,Sabtu (9/11/2019) mengatakan,pihaknya hanya melakukan pemeriksaan jenazah dari luar,dan kesimpulannya tidak ditemukan adanya tanda kekerasan yang menyebabkan kematian Serda Iman Berkat Gea.



"Tim medis RSUD Deli Serdang hanya melakukan visum luar,dan secara umum tidak ada ditemukan tanda kekerasan atau luka yang menyebabkan kematian Serda Iman Berkat Gea," sebut Abdul.

Ditanya adanya kecurigaan keluarga korban dengan luka di leher kiri yang dinilai mencurigakan,menurutnya merupakan luka setelah kematian,yang diperuntukan memasukan zat pengawet atau formalin pada tubuh Serda Iman Berkat Gea.

"Karena sesuai peraturan penerbangan jenazah yang akan dibawa dengan pesawat harus diawetkan,maka jenazah Serda Iman Berkat Gea diformalin untuk diawetkan selama 10 hari,dengan menggunakan suntik besar,karena cairan yang akan dimasukan banyak,dan disuntikan melalui leher kiri,kemudian setelah cairan formalin dimasukan bekas suntikan dijahir kembali supaya cairan formalin tidak keluar," ujar Abdul.

Namun untuk hasil visum resmi,Abdul meminta supaya dikonfirmasikan ke penyidik Denpom yang menangani penyelidikan kematian Serda Iman Berkat Gea.

Danyonif 122 TS,Letkol (Inf) Ahmad Aziz yang dikonfirmasi terkait kematian Serda Iman Berkat Gea,mengarahkan kepada Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) I Bukit Barisan.

"Silahkan langsung ditanyakan ke Kapendam I Bukit Barisan ya," ujar Aziz singkat.



(vhs)

loading...