Aparat Bersikap Tegas Tangkap 81 Terduga Perusuh Buton

Sabtu, 08 Juni 2019 - 11:39 WIB
Aparat Bersikap Tegas Tangkap 81 Terduga Perusuh Buton
Kapolda Sultra Brigjen Pol Iriyanto bersama Pangdam XIV Hasanudin Mayjen TNI Surawahadi saat memberikan keterangan pers, Jumat (7/6/2019) malam di Buton. (Foto/ Inews/Andhy Eba)
A A A
BUTON - Aparat Polri dan TNI mulai bersikap tegas dengan menangkap 81 terduga pembakaran rumah warga di Desa Gunung Jaya, Kecamatan Siotapina, Buton, Sulawesi Tenggara.

Bentrok antarkampung yang terjadi pada 5 dan 6 Juni 2019. Aparat melakukan penangkapan, Sabtu (8/9/2019), setelah para pelaku yang sebelumnya sudah diketahui identitasnya, tidak mau menyerahkan diri.

Sehari sebelumnya Kapolda Sulawesi Tenggara (Sultra) Brigjen Pol Iriyanto meminta pelaku pembakaran 87 rumah di Desa Gunung Jaya, Kecamatan Siontapina, Buton segera menyerahkan diri. (Baca juga: Kapolda Minta Pelaku Pembakaran 87 Rumah di Buton Menyerahkan Diri)

Dari bentrokan itu diketahui 87 rumah dibakar oleh sekelompok pemuda yang diduga berasal dari Desa Sampobalo.

Puluhan warga yang diduga pelaku ini ditangkap di Desa Sampoabalo, Kecamatan Siotapina, Sabtu pagi, setelah beberapa hari sebelumnya menolak untuk menyerakan diri.

Para pelaku ditangkap oleh petugas kepolisian yang dibantu oleh TNI dan Brimob, kemudian para pelaku dinaikkan ke mobil polisi untuk diamankan.

Saat ini para pelaku sudah dinaikkan ke mobil polisi dan masih amankan di sekitar Siotapina. Akan langsung dibawa ke Polda Sultra.

Sebelumnya Kapolda Sultra, Brigjen Pol Iriyanto mengatakan, polisi sudah mengantongi identitasi pelaku dan memeriksa sejumlah saksi-saksi, beberapa pelaku pembakaran sudah diketahui identitasnya.

"Juga telah melakukan langkah persuasif, meski para pelaku yang sudah diketahui identitasnya masih menolak untuk menyerahkan diri," kata Iriyanto.
(vhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.1970 seconds (0.1#10.140)