alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Pilkada Serentak 2020, Parpol Bersiap Patok Target Tinggi

Abdul Rochim
Pilkada Serentak 2020, Parpol Bersiap Patok Target Tinggi
Pilkada Serentak 2020, Parpol Bersiap Patok Target Tinggi. Foto/SINDOnews

JAKARTA - Menghadapi Pilkada Serentak 2020 sejumlah partai politik (parpol) mulai bersiap-siap. Bahkan, diantara mereka mematok target tinggi dalam pilkada yang akan digelar pada September mendatang.

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), misalnya, menargetkan kemenangan hingga 70%. Angka ini lebih tinggi dari yang dipatok PDIP sebesar 60%. Ketua Desk Pilkada DPP PKB Faisol Riza mengatakan, proses persiapan pilkada masih terus dilakukan.

Saat ini masih dilakukan proses penjaringan di daerah. Proses itu sekarang sudah hampir selesai. Bahkan, sebagian daerah sudah melakukan uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test).



Tidak hanya penjaringan dan fit and proper test, PKB juga menggelar survei untuk mengetahui kekuatan calon yang akan diusung. Survei sangat penting karena akan menjadi panduan dalam mengusung calon dan menjadi acuan dalam mengatur strategi pemenangan. “Survei untuk memastikan kemenangan,” tandas Faisol, di Jakarta, kemarin.

Jika semua proses itu sudah selesai, PKB baru akan mengeluarkan rekomendasi pencalonan. PKB juga tidak mau tergesa-gesa dalam mengeluarkan rekomendasi. Bakal calon yang akan diusung harus betul-betul bisa memenangkan pilkada. Bukan hanya memiliki popularitas dan elektabilitas, tapi juga harus memiliki kualitas dan integritas.

Faisol mengatakan, partainya baru akan mengeluarkan rekomendasi pada Maret nanti. Jadi, Januari–Februari akan dimanfaatkan untuk penjaringan, fit and proper test, dan survei lapangan. “Setelah itu semua selesai, rekomendasi baru kami keluarkan,” tandas anggota DPR tersebut.

Dalam menghadapi pilkada serentak tahun ini, PKB sudah mematok target kemenangan mencapai 70%. Menurut dia, target itu lebih besar dibandingkan Pilkada 2018 yang hanya 60%. “Kami ingin lebih dari sebelumnya. Mudah-mudahan sampai 70% kemenangan,” ujar Ketua Komisi VI DPR itu.

Hal yang sama dilakukan Partai NasDem. Partai pimpinan Surya Paloh ini juga masih melakukan survei internal terhadap para calon yang akan diusung. “Kami akan merampungkan survei dulu. Kami lakukan secara menyeluruh,” ungkap Ketua DPP Partai NasDem Willy Aditya.

Anggota Komisi I DPR itu mengatakan survei baru akan rampung pada Februari nanti. Setelah semua survei diketahui hasilnya, NasDem baru akan mengeluarkan rekomendasi siapa saja calon yang akan diusung.

PDIP juga menargetkan 60% kemenangan dalam Pilkada Serentak yang akan digelar pada September 2020. Target kemenangan PDIP dalam pilkada serentak ini menjadi salah satu poin rekomendasi yang dihasilkan dari Rapat Kerja Nasional (Rakernas) I yang berlangsung di Jakarta Internasional Expo (JIExpo), Kemayoran, Jakarta beberapa waktu lalu.

“Terkait dengan pilkada serentak ditargetkan berdasarkan pemetaan di lapangan 60% oleh PDIP. Dan, ibu ketua umum (Megawati Soekarnoputri) menegaskan seluruh calon kepala daerah yang diusung PDIP wajib mengikuti sekolah partai, menjalankan visi-misi yang dirumuskan oleh partai guna menempuh dan berjuang pada jalan berdikari itu,” tandas Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto.



(nfl)