Amankan Sumut, Kapolda-Pangdam I/BB Gelar Pasukan

Selasa, 21 Mei 2019 - 22:51 WIB
Amankan Sumut, Kapolda-Pangdam I/BB Gelar Pasukan
Jajaran TNI dan Polri saat menggelar apel pasukan di Lapangan Benteng Medan. (Foto: Istimewa).
A A A
MEDAN - Jajaran TNI dan Polri memperkuat pengamanan di Sumatera Utara (Sumut) setelah KPU menetapkan hasil Pemilu 2019 pada Selasa (21/5/2019).

Langkah awalnya, Polda Sumut dan Kodam I/BB menggelar apel pasukan gabungan di Lapangan Banteng Medan.

Kapolda Sumut, Irjen Pol Agus Andrianto mengatakan, apel ini diselenggarakan dalam menyikapi dinamika perkembangan hasil Pemilu 2019. Usai apel nanti, para personel TNI - Polri untuk menggelar patroli bersama mengelilingi sejumlah kawasan di Medan.

"Kita siap untuk mengantisipasi berbagai perkembangan situasi terjadi. Bersama dengan Pangdam dan unsur yang lain, kami siap mengamankan Sumatera Utara," kata Kapolda Agus di sela-sela apel di Lapangan Banteng, Medan, Sumut.

Sementara Panglima Kodam I/BB, Mayjen TNI MS Fadhillah mengatakan, pihaknya mengerahkan seluruh personel. Namun nanti, kata dia, dalam pelaksanaannya akan diatur bersama dengan kepolisian.

"Tidak ada yang dicadang-cadangkan. Seperti hari ini kita atur pelaksanaannya agar bisa terus berkelanjutan," kata dia.

Pengerahan pasukan, kata Fadhillah, tergantung dari informasi dan arahan pimpinan. Pastinya hal ini untuk memberikan rasa aman bagi masyarakat. Pangdam juga meminta, jangan sampai ada pihak lain yang ingin berbuat kerusuhan.

"Tentu kita siap dengan seluruh kekuatan kita. Intinya memberikan rasa aman kepada masyarakat, selain itu untuk memberikan efek deterrence bagi pihak-pihak yang berniat tidak baik," ujar dia.
(vhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 3.5581 seconds (0.1#10.140)