alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Negara - Negara di Bawah Kepungan Pangkalan Militer

Wahyono
Negara - Negara di Bawah Kepungan Pangkalan Militer
Banyak negara berlomba memperkuat alat utama sistem pertahanan mereka. Termasuk dengan membangun pangkalan militer di negaranya sendiri maupun di teritori negara lain. Ilustrasi/SINDOnews/Titus Jefika Heri Hendarmawan

PERIBAHASA latin mengatakan “Jika kau mendambakan perdamaian, maka bersiap-siaplah menghadapi perang”. Bertolak dari hal itu banyak negara berlomba-lomba memperkuat dan memperbanyak alat utama sistem pertahanan mereka, termasuk dengan membuat pangkalan militer di negaranya sendiri maupun di teritori negara lain. Berikut deretan pangkalan militer terbesar di berbagai penjuru dunia.

1. Fort Bragg
Lokasi : North Carolina, Amerika Serikat (AS)

Fort Bragg adalah Pangkalan Angkatan Darat terbesar Amerika Serikat AS) dalam hal populasi. Terletak di sebelah barat Fayetteville di North Carolina, pangkalan ini menjadi rumah bagi satuan 82nd Airborne. Ada 52.280 tentara aktif yang bertugas di Fort Bragg, 12.624 komponen cadangan dan mahasiswa (tugas sementara), 8.757 karyawan sipil, 3.516 kontraktor dan 62.962 anggota keluarga tentara aktif. Fort Bragg juga menjadi rumah bagi 98.507 pensiunan dan anggota keluarga tentara.



2. Fort Campbell
Lokasi : Perbatasan negara bagian Kentucky-Tennessee, AS

Fort Campbell terletak antara Hopkinsville dan Clarksville, di perbatasan negara bagian Kentucky-Tennessee, AS. Pangkalan militer ini didirikan pada 1942 dan pertama kali diaktifkan saat Perang Dunia II.

Fort Campbell mengakomodasi tentara aktif di Angkatan Darat (terbesar kelima atau terbesar ketujuh untuk Departemen Pertahanan). Fort Campbell menjadi rumah bagi Screaming Eagles of the 101st Airborne Division Air Assault, satu-satunya divisi air assault dari Angkatan Darat AS. Populasi total pangkalan ini terdiri dari 30.438 tentara, 53.116 anggota keluarga dan 151.360 lainnya termasuk purnawirawan, anggota keluarga pensiunan dan komponen cadangan.

3. Gunung Yamantau
Lokasi : Rusia

Yamantau adalah sebuah gunung di Pegunungan Ural di Distrik Beloretsky, Bashkortostan, Rusia. Lokasinya berada di ketinggian 1.640 meter (5.381 kaki). Kompleks pangkalan militer Gunung Yamantau terletak dekat dengan salah satu laboratorium senjata nuklir Rusia, Chelyabinsk-70.

Hal ini menimbulkan spekulasi bahwa tempat tersebut menjadi lokasi hulu ledak nuklir, sebuah basis rudal, pusat produksi senjata nuklir rahasia, serta laboratorium energi terarah. Yamantau dirancang untuk bertahan dalam perang nuklir.

4. Teluk Olenya
Lokasi : Rusia

Teluk Olenya adalah rumah bagi Skadron Kapal Selam Khusus ke-29 Rusia, yang pada dasarnya dianggap sebagai armada kapal selam mata-mata bertenaga nuklir. Pangkalan rahasia ini terletak di pantai terpencil di Laut Barents. Pangkalan Teluk Olenya diyakini cukup penting bagi militer Rusia.

5. Gletser Siachen
Lokasi : India dan Pakistan

Siachen Glacier adalah pangkalan militer rahasia milik Angkatan Darat India yang terletak di sebelah utara Jammu dan Kashmir, di ketinggian sekitar 21 ribu kaki. Hanya saja, walaupun diklaim merupakan milik India, namun Pakistan juga mengklaim bahwa tempat itu merupakan miliknya. Dikarenakan hal itu, dulu sering terjadi pertempuran kecil antara tentara India dan Pakistan untuk memperebutkan Siachen Glacier yang dikenal memiliki suhu ekstrem ini.

6. Toulon Military Port
Lokasi : Toulon, Prancis

Pangkalan militer ini pertama kali menjadi pelabuhan di bawah kepemimpinan Louis XII pada 1514. Dalam perkembangannya pangkalan militer ini menjadi pangkalan laut pertama di Eropa dan sekarang merupakan rumah bagi lebih dari 70% angkatan laut Prancis berisikan gudang senjata, serta dermaga sejumlah kapal selam Prancis.

7. Yulin Naval Base
Lokasi : Pulau Hainan, Cina

Mulai dibangun tahun 2000-an, pangkalan militer Yulin Naval Base sebelumnya merupakan sebuah gua yang disulap menjadi pangkalan angkatan laut China dan mampu menampung kapal selam nuklir. Di pangkalan militer ini dibuat terowongan bawah laut yang menjadi pintu masuk pangkalan bawah tanah. Pangkalan angkatan laut ini menjadi rumah bagi puluhan kapal selam nuklir.

8. Devil's Tower Camp
Lokasi : Gibraltar

Terletak di Selat Gibraltar ini merupakan fasilitas militer milik Inggris. Kontrol Inggris atas wilayah Gibraltar dimulai pada 1713, ketika Spanyol menyerahkan tanah itu dalam Perjanjian Utrecht. Pangkalan militer ini sangat strategis karena menghubungkan Samudera Atlantik dan Laut Mediterania. Di bawah jalan-jalan Gibraltar dibangun sistem terowongan sepanjang 35 mil.

9. Fasilitas Penelitian Ruang Pertahanan Gabungan Pine Gap
Lokasi : Lingiari, Australia

Pine Gap adalah fasilitas rahasia yang terletak hampir 20 kilometer di barat daya Alice Springs. Hanya orang dengan kriteria tertentu yang bisa masuk. Kompleks yang dibangun pada tahun 1970 itu dijalankan oleh Australia dan Amerika Serikat.

Nama resmi pangkalan militer ini adalah Joint Defence Facility Pine Gap. Pine Gap di era Perang Dingin berperan melacak informasi dari Soviet dan China. Peran itu berlanjut, khususnya saat Perang Teluk 1991. Satelit yang dikendalikan oleh Pine Gap mencegat komunikasi Irak dan sinyal radar.

10. Olavsvern Naval Base
Lokasi : Norwegia

Awalnya dibangun sebagai pangkalan angkatan laut Perang Dingin, namun akhirnya Norwegia menyewakannya kepada Rusia, yang menggunakan ruang untuk "penelitian.". Olavsvern Naval Base adalah suatu tempat mirip bunker raksasa yang dibangun selama Perang Dingin berlangsung.

Tempat ini terletak di bawah pegunungan yang di dalamnya terdiri dari banyak bangunan sampai dengan memiliki dermaga khusus langsung menuju laut bebas. Kabarnya Olavsvern Naval Base kuat terhadap serangan bom apapun dan memiliki luas sekitar 270.000 meter persegi.

Sumber: www.toptenz.net



(zys)

Berita Terkait