Iran Akhirnya Kirim Black Box Pesawat yang Ditembak Jatuh ke Ukraina

Minggu, 19 Januari 2020 - 10:36 WIB
Iran Akhirnya Kirim Black Box Pesawat yang Ditembak Jatuh ke Ukraina
Iran kirim black box pesawat yang ditembak jatuh ke Ukraina. Foto/Istimewa
A A A
TEHERAN - Kantor berita Iran, Tasnim, melaporkan Pemerintah Iran mengirim kotak hitam (black box) pesawat penumpang Ukraina yang tak sengaja ditembak jatuh ke negara asalnya.

Otoritas Iran juga mempersiapkan diri untuk para ahli dari Prancis, Kanada dan Amerika Serikat (AS) untuk memeriksa data dari kotak hitam tersebut.

"Dengan menggunakan keahlian dari negara-negara seperti Prancis, Kanada dan Amerika, kami akan mencoba membaca (perekam data penerbangan) di Kiev," kata Hassan Rezaifar, seorang direktur yang bertanggung jawab atas investigasi kecelakaan di Organisasi Penerbangan Sipil Iran.

"Jika upaya ini tidak berhasil maka kotak hitam akan dikirim ke Prancis," sambungnya seperti dikutip Reuters dari kantor berita Tasnim, Minggu (19/1/2020).

Rezaifar menegaskan bahwa kotak hitam pesawat nahas itu tidak akan dibaca di Iran.

Seluruh penumpang dan awak pesawat yang berjumlah 176 tewas ketika pesawat Ukrainian International Airlines ditembak jatuh pada 8 Januari lalu tak lama setelah tinggal landas dari Teheran dalam perjalanan ke Ibu Kota Ukraina, Kiev.

Lima puluh tujuh orang yang tewas adalah warga Kanada. Perdana Menteri Justin Trudeau, yang telah mendesak untuk penyelidikan penuh, mengatakan pada hari Jumat bahwa Iran harus mengirim kotak hitam ke Prancis untuk analisis.

Saat konferensi pers di Ottawa, Trudeau mengatakan Prancis adalah salah satu dari sedikit negara dengan kemampuan untuk membaca data rekaman data penerbangan dan data kokpit dari pesawat, yang katanya rusak parah.

Iran telah menghadapi krisis yang semakin dalam di luar negeri dan di dalam negeri terkait bencana pesawat, dengan pihak berwenang membutuhkan waktu beberapa hari untuk mengumumkan bahwa militernya secara tidak sengaja menembak jatuh pesawat.
Insiden itu terjadi karena Iran dalam siaga tinggi untuk kemungkinan tindakan pembalasan menyusul serangannya terhadap pangkalan-pangkalan Irak yang menampung pasukan Amerika Serikat (AS).

Serangan itu sebagai pembalasan atas pembunuhan komandan tinggi militer Qassem Soleimani oleh AS di Irak dalam serangan pesawat tak berawak di Baghdad pada 3 Januari.
(vhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.5970 seconds (0.1#10.140)