Kenapa Harus Berhenti Menyebut Anak Anda Pintar, Ini Alasannya!

Minggu, 19 Januari 2020 - 10:09 WIB
Kenapa Harus Berhenti Menyebut Anak Anda Pintar, Ini Alasannya!
Foto Ilustrasi/SINDOnews/Life Style
A A A
NEW DELHI - Sebagai orang tua, tentu ingin memuji anak-anak mereka karena merasa bahwa pujian mendorong mereka untuk berbuat lebih baik.

Tetapi, menurut sebuah penelitian, memuji anak dengan menyebut mereka pintar sebenarnya bisa menjadi bumerang.

Saat anak mendapat nilai A atau membacakan puisi untuk Anda, Anda tidak bisa menahan diri untuk memuji dengan mengatakan "Anda sangat pintar". Tetapi pujian Anda dapat terbukti kontraproduktif.

Seperti dilansir Times of India, anak-anak yang berpikir bahwa kecerdasan mereka yang telah diperbaiki cenderung kurang memperhatikan kesalahan dibandingkan dengan anak-anak yang berpikir bahwa kecerdasan mereka dapat tumbuh dan berubah.

Memberitahu anak-anak bahwa mereka cerdas dinilai mendukung gagasan bahwa kecerdasan adalah hadiah genetik dan bukan keterampilan yang dapat ditingkatkan.

Dalam studi yang diterbitkan Journal Developmental Cognitive Neuroscience, penelitian di Michigan State University mengamati 123 siswa yang berusia sekitar 7 tahun.

Tim menilai siswa untuk menentukan apakah mereka memiliki mindset berkembang (percaya bahwa Anda dapat bekerja lebih keras untuk menjadi lebih pintar) atau mindset tetap (percaya bahwa kecerdasan Anda tidak dapat diubah).

Para siswa diminta untuk menyelesaikan tugas akurasi komputer yang bergerak cepat dan aktivitas otak mereka direkam.

Permainannya adalah, membantu seorang penjaga kebun binatang menangkap hewan-hewan yang melarikan diri dengan menekan tombol spasi ketika seekor binatang muncul di layar - kecuali jika itu adalah sekelompok tiga orangutan teman.

Dari aktivitas otak yang direkam, ditemukan bahwa aktivitas otak melonjak dalam setengah detik setelah melakukan kesalahan.

Ini terjadi karena ketika anak-anak menyadari kesalahan mereka, mereka lebih memperhatikan apa yang salah.

Semakin besar respons otak, semakin banyak anak berfokus pada kesalahan.Peneliti menyimpulkan bahwa anak-anak dengan mindset berkembang memiliki respon otak yang lebih besar setelah mereka membuat kesalahan dan pada gilirannya itu membuat mereka meningkatkan kinerja mereka dengan lebih memperhatikan tugas.

Orang dengan mindset tetap tidak mau mengakui bahwa mereka melakukan kesalahan. Implikasi utama adalah bahwa kita harus lebih memperhatikan kesalahan kita dan menggunakannya sebagai kesempatan untuk belajar.

Jangan membayar pujian yang menunjukkan bahwa intelijen sudah diperbaiki. Alih-alih mengatakan bahwa "Kamu sangat pintar", kamu bisa mengatakan, "Kamu belajar keras dan itu benar-benar terbayar".

Kedua, fokuslah pada kesalahan dan cobalah untuk mengerjakannya bersama dengan anak Anda. Banyak orang tua dan guru menghindar untuk mengatasi kesalahan anak, mengatakan kepada mereka "Tidak apa-apa, Anda akan melakukannya lain kali". Melakukan hal itu tidak memberi mereka kesempatan untuk mencari tahu apa yang salah.

Sebagai gantinya, Anda dapat memberi tahu anak Anda bahwa kesalahan terjadi dan dengan memberi perhatian lebih dekat, Anda dapat mengetahui kesalahan itu dan tidak membuatnya lagi.
(vhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.5515 seconds (0.1#10.140)