Menghabiskan Waktu Berkualitas Bersama si Buah Hati

Sabtu, 18 Januari 2020 - 09:27 WIB
Menghabiskan Waktu Berkualitas Bersama si Buah Hati
Banyak orang tua tidak memiliki waktu berkualitas saat berkumpul bersama, seperti akhir pekan ini. Alasannya sibuk atau bahkan Anda merasa perlu istirahat, Padahal, hal itu sangat penting. (Foto/Istimewa)
A A A
JAKARTA - Berapa kali anak-anak Anda mengeluh tentang Anda yang tidak menghabiskan cukup waktu bersama mereka? Berapa kali si buah hati merasa diabaikan karena Anda sibuk dengan pekerjaan Anda? Ini terjadi sesekali, terutama dengan orang tua yang bekerja yang tidak dapat menghabiskan waktu berkualitas dengan anak-anak mereka.

Ya, Anda semua tinggal di rumah yang sama, tetapi ketika Anda berada di ruangan yang sama dengan anak-anak, Anda tidak memenuhi syarat untuk waktu yang berkualitas dan ketika Anda tidak memberi anak-anak perhatian yang diperlukan, hal ini dapat membuat mereka merasa diabaikan, kesepian dan sedih.

Bahkan, terkadang si buah hati ngambek hanya karena dia butuh perhatian dari orang tuanya. Saat mereka tidak mendapatkannya, mereka mengekspresikan kemarahan melalui sikap negatif. Lalu, bagaimana mengatasinya? Seperti dilansir Times of India, berikut hal yang perlu dilakukan.

1. Sisihkan waktu tertentu
Jika Anda dan pasangan tidak bebas pada waktu yang bersamaan, Anda dapat bergiliran untuk menghabiskan waktu bersama anak. Anda dapat memperbaiki jadwal, seperti sebelum waktu makan malam, tepat sebelum tidur atau setelah sekolah. Selama waktu ini, lakukan beberapa aktivitas yang disukai anak. Bisa apa saja dimulai dengan membaca buku hingga memainkan game favorit mereka.

2. Anak jadi pusat perhatian
Orang tua yang berada di ruangan yang sama dengan anak mereka atau menghadiri pesta yang sama tidak memenuhi syarat sebagai waktu yang berkualitas. Luangkan waktu 30 menit secara terpisah, di mana anak-anak Anda harus menjadi pusat perhatian Anda.

3. Membedakan waktu
Biarkan anak-anak Anda tahu bahwa Anda meluangkan waktu khusus untuk mereka karena mereka penting bagi Anda. Ini akan membantu mereka membedakan antara waktu khusus dan interaksi orang tua-anak.

4. Biarkan anak-anak memilih kegiatan
Jika Anda membiarkan anak Anda memilih aktivitas, itu akan membuatnya lebih bahagia. Juga, tidak ada gunanya jika Anda tidak melakukan apa yang disukai anak Anda di waktu khusus. Biarkan mereka menjadi kreatif.

5. Jauhkan handphone
Jauhkan handphone Anda dan jangan melakukan tugas atau tugas lain apapun selama 30 menit. Waktu ini secara eksklusif dimaksudkan untuk si kecil.
(zys)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.9505 seconds (0.1#10.140)