Bertemu Tito Karnavian, Mahfud MD Bahas Pilkada Serentak 2020

Jum'at, 17 Januari 2020 - 15:04 WIB
Bertemu Tito Karnavian,  Mahfud MD Bahas Pilkada Serentak 2020
Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pilkada Serentak 2020 menjadi salah satu bahasan dalam pertemuan antara Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD melakukan koordinasi dengan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian. Diakui Mahfud pertemuan yang diadakan di Kantor Kemendagri itu rutin dilakukannya.

"Saya ke Polri, ke Kemenkumham, ke sini nanti ke mana lagi. Tugas rutin saja, tidak ada yang spesifik tapi banyak hal yang tadi dibicarakan. Yang tentu tidak bisa disampaikan di sini karena uraiannya akan panjang," kata Mahfud di Kantor Kemendagri, Jumat (17/1/2020).

Mahfud mengatakan, salah satu yang dibahas adalah masalah persiapan Pilkada 2020 yang digelar di 270 daerah. Dia mengatakan bakal melakukan koordinasi jelang penyelenggaraan pilkada. "Yang penting kita akan melakukan koordinasi bersama jelang pilkada tahun 2020 untuk lebih memastikan kesiapan, terutama mendagri," tuturnya.

Mantan Ketua MK itu yakin bahwa pilkada 2020 berjalan lancar. "Pada intinya kita siaplah menyelenggarakan Pilkada 2020 yang berjumlah 270. Insya Allah aman dan lancar," ungkapnya.

Sementara itu, Mendagri Tito Karnavian mengatakan kesiapan anggaran pilkada sudah dikomunikasikan dengan seluruh daerah. Dia telah memerintahkan agar daerah mengalokasikan anggaran pilkada di APBD 2020.

"Dan kita review di tingkat provinsi. Provinsi nanti mereview kabupaten/kota. Tapi kita memiliki jajaran inspektorat yang memiliki garis langsung dengan provinsi, kabupaten/kota. Jadi nanti dirjen Kemendagri saya minta untuk mengecek dan meyakinkan bahwa anggaran tersebut masuk," pungkasnya.
(nfl)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.4503 seconds (0.1#10.140)