Rusia Pesan Tank Boat Amfibi Buatan Indonesia

Kamis, 16 Januari 2020 - 17:26 WIB
Rusia Pesan Tank Boat Amfibi Buatan Indonesia
Rusia memesan satu unit tank boat Antasena buatan PT. Lundin. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Duta Besar Indonesia untuk Rusia Wahid Supriyadi mengatakan Rusia telah memesan tank boat buatan PT Lundin, yang berbasis di kota Banyuwangi, Jawa Timur.

Ditemui di kantor Kementerian Luar Negeri Indonesia di kawasan Jakarta Pusat, Kamis (16/1/2020), Wahid mengatakan Moskow memesan satu unit tank amfibi, yang bisa berjalan di darat yang juga perairan dangkal, seperti rawa.

"Itu tank yang bisa di darat dan juga air dangkal, seperti di sungai atau rawa-rawa," terang Wahid.

"Saya waktu melihat disana ada satu unit yang masih dikerjakan. Tapi yang sudah diekspor tiga, itu yang pakai bahan komposit yang kekuatannya empat lai dari baja dan memiliki kecepatan 150 kilometer per jam," sambungnya.

Ini bukan kali pertama PT. Lundin mengekspor produk buatan mereka ke Rusia. Tahun 2018 lalu, mereka juga mengekspor tujuh kapal buatannya ke Rusia, yaitu kapal rib (rigit inflatable boat) jenis carbotech.

Saat itu Direktur PT Lundin, John Lundin mengatakan, kapal itu mempunyai lambung sepanjang 12 meter. Dengan ukuran lambung sepanjang itu, kapal berteknologi tinggi ini diklaim sebagai kapal tercepat di Indonesia bahkan Asia.

Dua model kapal carbotech lainnya produksi PT. Lundin juga telah digunakan untuk operasi militer di Swedia dan Rusia.

“Kami banyak menerima pesanan kapal untuk militer, seperti dari Bangladesh, Hong Kong, Malaysia, Brunei, Singapura,” jelas Lundin kala itu.
(vhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.2149 seconds (0.1#10.140)