Rekrutmen PPK Dibuka, KPU Medan Siapkan Ujian dengan Sistem CAT

Kamis, 16 Januari 2020 - 09:03 WIB
Rekrutmen PPK Dibuka, KPU Medan Siapkan Ujian dengan Sistem CAT
Ketua KPU Medan Agussyah Damanik, KomisionerKPU Medan Nana Miranti dan Edy Suhartono mendampingi Komisioner KPU Sumut, Yulhasni meninjau lokasi ujian CAT di Kampus USU. SINDOnews/Andi Yusri
A A A
Rekrutmen Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) akan dibuka, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Medan telah menyiapkan ujian dengan menggunakan system Computer Assisted Test (CAT) yang akan dilaksanakan di Pusat Sistem Informasi (PSI) Universitas Sumatera Utara (USU).

Pendaftaran calon PPK akan dibuka mulai Sabtu (18/1/2020) hingga Jumat (24/1/2020) mendatang. "Pendaftar bisa langsung datang ke KPU Medan untuk menyerahkan berkas pendaftaran, boleh juga mengirim via pos," terang Komisioner KPU Kota Medan Divisi Program, Data dan Informasi, Nana Miranti, Kamis (16/1/2020).

Nana menjelaskan proses pendaftaran pada 18 Januari hingga 23 Januari 2020 hanya dilayani pada jam kerja mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB. Namun untuk pendaftaran pada hari terakhir, 24 Januari KPU akan menunggu hingga pukul 24.00 WIB. "Jadi pada hari terakhir kita tutup pada pukul 24.00 WIB," ujarnya.

Setelah pendaftaran ditutup, selanjutnya KPU Kota Medan akan melakukan seleksi berkas para pendaftar. Para peserta yang dinyatakan lolos seleksi berkas akan menjalani ujian dengan menggunakan system CAT yang digelar di Pusat Sistem Informasi (PSI) USU. "Kami berkunjung ke USU untuk melihat langsung fasilitas yang akan digunakan untuk pelaksanaan ujian tersebut," ungkapnya.

Di USU kemarin, KPU Medan melakukan simulasi ujian CAT. Simulasi ini, menurut Nana, dilakukan untuk menghitung waktu yang dibutuhkan oleh peserta dalam menyelesaikan soal. Selain itu, mereka juga melihat kesiapan teknis yang berkaitan dengan penyelenggaraan ujian tersebut nantinya yang akan digelar ujiannya pada tanggal 30 Januari 2020.

"Bagaimana misalnya penanggulangannya jika terjadi error, jika listrik padam dan lainnya. Kita berharap kunjungan kita ini bisa menjadi awal untuk mengantisipasi berbagai potensi gangguan teknis. Jumlah komputer yang tersedia ada sekitar 80 unit namun ada cadangan 10 unit," pungkasnya.
(nfl)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 4.0068 seconds (0.1#10.140)