Gasak Pengacau Pasar Modal, Trust Terganggu Sulitkan Investor

Rabu, 15 Januari 2020 - 13:07 WIB
Gasak Pengacau Pasar Modal, Trust Terganggu Sulitkan Investor
Talkshow Time to Invest: This Decade Belongs to Asia di Jakarta. Foto/SINDOnews
A A A
Masalah inventasi di Indonesia sebenarnya terkait erat dengan trust atau kepercayaan kepada investor. Demikian dikatakan Ketua Asosiasi Dana Pensiun Indonesia (ADPI), Suheri dalam Talkshow "Time to Invest: This Decade Belongs to Asia" di Jakarta, Rabu (15/1/2020).

"Saya lihat situasi saat ini, di Indonesia, terutama dalam investasi, sebenarnya enggak ada masalah tapi satu yang penting, soal trust investor," katanya.

Ia mengatakan bahwa kepercayaan ini penting, terlebih terhadap pasar modal dan pengawas pasar modal.

"Misalkan penjual, dia harus menjual barang bagus, kalau barangnya ternyata tidak bagus, pembelinya pasti kecewa. Kalau trust terganggu, ini juga menyulitkan investor," lanjut Suheri.

Ia mengatakan bahwa para investor butuh pendamping untuk menyeimbangkan informasi yang mereka peroleh.

"Banyak faktor yang mengganggu investor untuk berinvestasi, yang saya takutkan, kalau anak-anak muda, khususnya milenial yang baru saja berinvestasi reksadana, terus terjadi kasus seperti yang sedang panas ini? Kejebak sekali, tidak mau lagi," tegas Suheri.

Ia mengatakan bahwa dirinya sudah mencium bau goreng-gorengan saham sejak setahun lalu, dan tak lama kemudian ternyata kasus PT Asuransi Jiwasraya terkuak.

"Penegakan hukum kita enggak jelas, kalau perlu pelakunya enggak usah main di pasar modal seumur hidup. Sekali anda beri mereka kesempatan, mereka akan kembali berbuat, enggak usah jauh-jauh, saya sebut nama saja seperti Benny Tjokro," terang Suheri.
(nfl)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.3375 seconds (0.1#10.140)