Kapolrestabes Minta KPU Medan Petakan Potensi Kerawanan

Selasa, 14 Januari 2020 - 14:02 WIB
Kapolrestabes Minta KPU Medan Petakan Potensi Kerawanan
Kapolrestabes Medan Kombes Pol Kombes Pol Jhonny Eddizon Isir saat foto Bersama dengan Komisioner KPU Kota Medan di Kantor KPU Jalan Kejaksaan No 37, Medan. SINDOnews/M. Andi Yusri
A A A
MEDAN - Sukseskan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Medan 2020, Kapolrestabes Medan Kombes Pol Jhonny Eddizon Isir meminta Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Medan dapat mempetakan potensi kerawanan selama pelaksanaan Pilkada.

Kapolrestabes Kota Medan, Kombes Pol Jhonny Eddizon Isir meminta gambaran umum potensi kerawanan dari sudut pandang penyelenggara selama pelaksaan Pilkada Medan. "Untuk dari sisi kepolisian sukses Pilkada adalah bagaimana pemilihan bisa berlangsung aman dan damai. Sedangkan dari sisi penyelenggara adalah tingkat partisipasi pemilih dan dari sisi pengawasan bagaimana meminimalisir kecurangan. Ketiga hal tersebut tentu perlu kerjasama dan koordinasi yang baik dalam mewujudkannya," katanya, Selasa (14/1/2020).

Dia juga telah mendatangi Kantor KPU Medan untuk berkoordinasi dan bersilaturahmi, agar mengetahui langkah yang dapat dilakukan dari sisi keamanan. "Adapun tujuan dari kunjungan ini adalah untuk memperkenalkan diri, dimana saya sebagai Kapolrestabes Medan baru bertugas di Medan," ujarnya. Selanjutnya Kapolrestabes Medan juga ingin membangun komunikasi dan sinergitas yang sudah terjalin selama ini dengan Kapolres sebelumnya.

Sementara itu, Ketua KPU Kota Medan, Agussyah Ramadani Damanik menyampaikan KPU Kota Medan nantinya akan memiliki peta potensi kerawanan dari sisi penyelenggaraan kepemiluan yang perlu disandingkan dengan potensi masalah yang dimiliki Polrestabes Medan dari sisi keamanan. "Untuk itu perlu ada kerjasama dan koordinasi yang baik," jelasnya.

Menurutnya, salah satu potensi kerawanan yang biasanya muncul adalah dari sisi pendataan pemilih. "Karena hal ini terkait dengan tinggi rendahnya partisipasi pemilih. Migrasi pemilih dari luar Kota Medan masuk ke Kota Medan jelang pemilihan biasanya terjadi. Apalagi jika ada mobilisasi. Hal ini menjadi potensi masalah yang perlu diantisipasi bersama," ungkapnya.

Dia mengapresiasi kunjungan Kapolrestabes Kota Medan Kombes Pol Jhonny Eddizon Isir ke Kantor KPU Kota Medan Jalan Kejaksaan No 37, Senin (13/1/2020). Dalam kesempatan itu disampaikan perkembangan tahapan Pilkada 2020 yang sudah berlangsung dan yang akan berlangsung ke depannya.

Agussyah berharap kerjasama yang baik terbangun untuk mencapai tujuan suksesnya Pilkada Medan 2020 baik dari sisi partisipasi pemilih, pengawasan dan stabilitas. Karena itu dalam setiap tahapan KPU Kota Medan akan selalu menggelar rapat koordinasi dengan berbagai stakeholder terkait di Kota Medan.

"Sebetulnya kemarin kami berkirim surat untuk audiensi dan berkoordinasi ke Polrestabes Medan. Tapi ternyata Pak Kapolrestabes yang ingin langsung datang ke Kantor KPU Medan. Karena itu kami sangat mengapresiasi," ujar Agussyah.
(nfl)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 5.3596 seconds (0.1#10.140)