Seleksi CPNS, Siap-siap SKD Bakal Digelar Akhir Bulan Ini

Selasa, 14 Januari 2020 - 12:30 WIB
Seleksi CPNS, Siap-siap SKD Bakal Digelar Akhir Bulan Ini
Seleksi CPNS, Siap-siap SKD Bakal Digelar Akhir Bulan Ini. Dok/Sindonews
A A A
Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) segera digelar, Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) telah menerima soal untuk seleksi. Soal Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) tersebut dibuat oleh konsorsium perguruan tinggi negeri (PTN) di Indonesia di bawah koordinasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Menteri Pendayagunaan Apartur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Tjahjo Kumolo membenarkan telah menerima soal untuk ujian CPNS tersebut. “Panselnas CPNS mengucapkan terima kasih kepada Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan yang telah bekerja keras dalam penyusunan naskah soal SKD,” ungkap Tjahjo melalui pesan singkatnya, kemarin.

Tjahjo mengatakan bahwa Panselnas akan segera menindaklanjuti soal-soal tersebut. Yakni, Panselnas akan segera melakukan input data ke dalam sistem computer assisted test (CAT) Badan Kepegawaian Negara (BKN) yang digunakan untuk SKD. “Dengan diserahkannya soal SKD, maka Panselnas akan melakukan proses pemasukan (input) ke dalam sistem CAT BKN yang akan digunakan dalam pelaksanaan seleksi. Proses ini diperlukan kehati-hatian, jaminan kerahasiaan, dan keamanan data,” tandasnya.

Tjahjo melanjutkan, dari data SSCASN BKN, ada 4.197.218 calon peserta yang telah melakukan pendaftaran. Di mana 3.364.897 di antaranya telah lolos verifikasi administrasi. “Angka ini menunjukkan besarnya antusiasme dan perhatian masyarakat terhadap rekrutmen CPNS,” paparnya.

Politikus PDI Perjuangan itu mengatakan bahwa SKD akan dilaksanakan akhir bulan ini sampai akhir bulan depan. Dia beraharap proses seleksi CPNS dapat berlangsung dengan baik. “Tahapan SKD akan dimulai 27 Januari sampai dengan 28 Februari 2020 dengan ujian berbasis komputer. Materi SKD meliputi tes wawasan kebangsaan, tes inteligensi umum, dan tes karakteristik pribadi. Kita bersama berharap agar proses seleksi CPNS tahun anggaran 2019 berlangsung aman, kompetitif, adil, objektif, transparan, bersih dari praktik KKN. Pada akhirnya dapat menghasilkan CPNS yang berdaya saing, kompeten, berintegritas guna mewujudkan Indonesia yang lebih maju,” tandasnya.

Sementara itu Mendikbud Nadiem Makarim mengatakan bahwa soal ujian merupakan salah satu instrumen penting dalam seleksi CPNS. Maka dari itu, penyusunan soal SKD 2019 dilakukan melalui beberapa tahapan dan dengan melibatkan berbagai pihak. Salah satu tahapan yang dilakukan antara lain penyusunan soal kisi-kisi SKD tahun 2019 yang diawali dengan proses evaluasi soal dan kisi-kisi soal tahun 2018.
(nfl)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.5360 seconds (0.1#10.140)