Nelayan Sumut Siap Menjaga Perbatasan Laut dan Mencari Ikan di Natuna

Senin, 13 Januari 2020 - 19:26 WIB
Nelayan Sumut Siap Menjaga Perbatasan Laut dan Mencari Ikan di Natuna
HNSI Sumatera Utara mengajak nelayan asal Belawan untuk tetap melaut dan menjaga perbatasan NKRI. Hal ini dilakukan pascaviralnya kapal asing masuk dan mencuri ikan secara massal di Perairan Natuna. Foto iNews TV/Yudha
A A A
MEDAN - Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Sumatera Utara mengajak nelayan asal Belawan tetap melaut dan menjaga perbatasan NKRI.

Hal ini dilakukan pascaviralnya kapal asing masuk dan mencuri ikan secara massal di Perairan Natuna beberapa hari lalu.

Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia Sumatera Utara Zulfahri Siagian mengatakan, HNSI Sumatera Utara, mengajak para nelayan pencari ikan di laut khususnya para nakhoda kapal untuk memahami batas wilayah di perbatasan Indonesia. Karena meski perairan tersebut telah dijaga petugas baik di laut maupun di udara selama 24 jam tetap saja ada nelayan asing yang masuk.

“Selain memberikan pemahaman batas wilayah dalam penangkapan ikan melalui peta Indonesia yang selama ini menjadi momok para nelayan yang hendak menangkap ikan di laut. Para nelayan harus bisa berhubungan dengan petugas di perbatasan yang telah disepakati oleh kedua negara,” katanya, Senin (13/1/2020).

Menurut dia, pascakapal asing masuk dan mencuri ikan di Perairan Natuna Indonesia, HNSI Sumatera Utara mengajak seluruh nelayan agar tetap melaut dan menjaga perbatasan NKRI dengan pengawalan petugas yang melakukan patroli rutin.

“Nantinya HNSI Sumut akan berkoordinasi dengan petugas instansi terkait dalam hal ini TNI Polri dan Kementerian Kelautan Perikanan akan mengundang nelayan di Sumatera di 17 kabupaten kota untuk terus mensosialisasikan batas wilayah untuk menjaga perbatasan NKRI,” tandasnya.
(vhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.0414 seconds (0.1#10.140)