Iran Tangkap Dubes Inggris, London Protes

Minggu, 12 Januari 2020 - 21:41 WIB
Iran Tangkap Dubes Inggris, London Protes
Menteri Luar Negeri Inggris, Dominic Raab mengecam penangkapan Duta Besar Inggris untuk Iran, Rob Macaire. Foto/Reuters
A A A
LONDON - Menteri Luar Negeri Inggris, Dominic Raab mengecam penangkapan Duta Besar Inggris untuk Iran, Rob Macaire. Diplomat senior Inggris itu dilaporkan ditangkap karena diduga turut hadir dan mengorganisir aksi demonstrasi terkait dengan tragedi pesawat Ukraina di Iran.

Raab menuturkan, meskipun Macaire hanya ditahan selama beberapa jam, tapi tetap saja hal itu merupakan pelanggaran terang-terangan terhadap hukum internasional. Terlebih, papar Raab, penangkapan itu dilakukan tanpa alasan yang jelas.

"Penangkapan Duta Besar kami di Teheran tanpa alasan atau penjelasan merupakan pelanggaran mencolok hukum internasional. Pemerintah Iran sedang berada di persimpangan jalan," kata Raab dalam sebuah pernyataan.

Seperti dilansir Sputnik pada Minggu (12/1/2020), Raab mencatat bahwa jika Teheran tidak mengambil langkah-langkah menuju eskalasi, negara itu mungkin menghadapi isolasi politik dan ekonomi.

"Hal ini dapat berlanjut menuju status paria dengan semua isolasi politik dan ekonomi yang menyertainya, atau mengambil langkah-langkah untuk mengurangi ketegangan dan terlibat dalam jalur diplomatik ke depan," ungkapnya.
(zys)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.6609 seconds (0.1#10.140)