Via Telepon, Rouhani-Trudeau Bahas Tragedi Pesawat Ukraina

Minggu, 12 Januari 2020 - 11:50 WIB
Via Telepon, Rouhani-Trudeau Bahas Tragedi Pesawat Ukraina
Rouhani dan Justin Trudeau dilaporkan melakukan pembicaraan melalui sambungan telepon untuk membahas mengenai tragedi jatuhnya pesawat Ukraina di Teheran. Foto/Reuters
A A A
TEHERAN - Presiden Iran, Hassan Rouhani dan Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau dilaporkan melakukan pembicaraan melalui sambungan telepon untuk membahas mengenai tragedi jatuhnya pesawat Ukraina di Teheran. Pembicaraan ini berlangsung setelah Iran mengakui menembak jatuh pesawat itu.

Dalam pembicaraan itu, seperti dilansir Sputnik pada Minggu (12/1/2020), Rouhani mengatakan bahwa Teheran siap menerima bantuan dari semua pihak untuk menyelidiki insiden ini.

"Iran menyambut baik setiap kerja sama internasional dalam kerangka hukum internasional untuk mengklarifikasi insiden ini dan akan menyediakan semua fasilitas konsuler untuk tujuan ini," kata Rouhani dalam pembicaraan itu.

"Dan, kami siap bagi Menteri Luar Negeri Iran dan Kanada untuk melanjutkan pembicaraan mereka mengenai hal ini," sambung pemimpin Iran tersebut.

Trudeau, dalam konferensi pers di Ottawa kemudian mengatakan, dia dan Rouhani telah menyepakati perjanjian mengenai keterlibatan Kanada dalam penyelidikan kecelakaan pesawat tersebut.

"Sangat penting bahwa Kanada berpartisipasi dalam penyelidikan ini. Kami mengharapkan kerja sama penuh dari otoritas Iran. Saat ini, tiga visa telah disetujui untuk anggota Standing Rapid Deployment Team," ujarnya.
(zys)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.2800 seconds (0.1#10.140)