Kenali Ada 5 Fobia Baru, Salah Satunya Food Neophobia

Minggu, 12 Januari 2020 - 08:48 WIB
Kenali Ada 5 Fobia Baru, Salah Satunya Food Neophobia
Setiap orang mengalami ketakutan dari waktu ke waktu. Apakah itu terbang melalui turbulensi, ketinggian dan lainnya. Bahkan, kini ada 5 Fobia baru, salah satunya food neophobia. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Setiap orang pernah mengalami ketakutan dari waktu ke waktu. Apakah itu terbang melalui turbulensi, sendirian di kegelapan atau berbicara di hadapan umum.

Kecemasan adalah perasaan universal yang dialami banyak orang pada suatu saat dalam hidup.

Namun, jika Anda memiliki fobia tertentu, Anda cenderung mengalami rasa takut atau panik ketika dihadapkan dengan situasi atau objek tertentu.

Fobia spesifik adalah jenis gangguan kecemasan yang didefinisikan sebagai ketakutan ekstrem atau tidak rasional atau keengganan terhadap sesuatu. Ketakutan irasional ini dapat mengganggu hubungan pribadi, pekerjaan, dan sekolah, dan mencegah Anda menikmati hidup.

Takut ketinggian (akrofobia), takut berada di ruang tertutup (claustrophobia) dan takut ruang terbuka tanpa tempat untuk melarikan diri (agorafobia) menjadi fobia yang paling umum.

Seiring perubahan gaya hidup, kita mengalami beberapa ketakutan dan kecemasan baru. Seperti dilansir Times of India, ada beberapa ketakutan baru yang semakin menjadi umum. Berikut ulasannya;

1. Eco-anxiety
Ketika kita membaca begitu banyak tentang perubahan iklim dan dampaknya, menjadi semakin umum untuk memiliki ketakutan tentang konsekuensi perubahan iklim atau disebut Eco-anxiety. Hal ini diamati lebih banyak pada generasi yang lebih muda dengan beberapa orang mengalami serangan panik penuh dengan pemikiran tentang pemanasan global dan mengosongkan sumber daya alam.

2. Nomophobia
Dalam usia keterhubungan yang sangat tinggi, ini adalah ketakutan yang umum sampai pada tingkat yang secara budaya dapat diterima untuk merasa tidak nyaman atau terganggu karena Anda lupa telepon Anda di rumah.

Tetapi jika Anda berkeringat hanya memikirkan semua panggilan dan pesan yang tidak terjawab, Anda mungkin menderita nomofobia yang merupakan ketakutan yang intens karena tidak memiliki perangkat seluler Anda.

3. Food neophobia
Food neophobia adalah ketakutan untuk mencoba makanan baru dan semakin terkenal karena presentasi umum pada anak-anak. Hal ini dibedakan dari makan rewel karena pemakan rewel tidak makan bahkan makanan yang umum dan dicoba.

4. Karbofobia
Dengan peningkatan diet fad dan tekanan sosial yang sangat besar tentang mencari cara tertentu, ada peningkatan tren semua karbohidrat menjadi 'buruk' dan lebih banyak orang menderita ketakutan yang kuat makan karbohidrat.

5. Editiovultaphobia
Editiovultaphobia adalah kata yang besar dan itu berarti ketakutan akan media sosial atau lebih secara psikologis itu adalah rasa takut dihakimi dan di bawah pengawasan konstan oleh teman atau orang asing.
(vhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.7787 seconds (0.1#10.140)