alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Kolang Kaling Simalungun Tembus Pasar Ekspor Philipina dan Vietnam

Ricky Fernando Hutapea
Kolang Kaling Simalungun Tembus Pasar Ekspor Philipina dan Vietnam
Selama Ramadhan buah kolang kalung dari Kecamatan Raya, Kabupaten Simalungun diekspor hingga ke Philipina dan Vietnam.Foto/Dok

SIMALUNGUN - Selama Ramadhan buah kolang kalung dari Kecamatan Raya,Kabupaten Simalungun diekspor hingga ke Philipina dan Vietnam.

Salah seorang pengumpul kolang kaling di Kecamatan Raya,Reno Karno Saragih kepada Sindonews.com, Minggu (19/6/2019) mengatakan, selama Ramadhan pengiriman kolang kaling ke Philipina dan Vietnam mencapai 18 ton setiap pekan.

"Selama Ramadhan tinggi sekali permintaan kolang kaling dari Philipina dan Vietnam, dalam sepekan 18 ton dikirim," ujar Reno.



Reno menambahkan untuk memenuhi tingginya permintaan kedua negara itu,dikumpulkan dari sentra produksi kolang kaling di desa Lima,Tumbukan Dalig,Dalig Raya,Pangalbuan,Bangun Selamat,Sinaman Labah,Bagaduh dan Partuakan.

Untuk pengiriman kolang kaling ke Filipina dan Vietnam menurutnya telah  dijalin kerjasama dengan PT Furnindo Sagala Perkasa di Jakarta.

Kepala Desa Limag Raya,Kuatman Saragih,mengakui jika selama Ramadhan banyak pengumpul kolang kaling yang datang dari berbagai daerah.

"Banyak sekali pengumpul kolang kaling dari berbagai daerah termasuk Medan yang datang ke Desa Limag Raya membeli kolang kaling selama Ramadhan," sebut Kuatman.



(vhs)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif