Kedubes AS Ingatkan Warganya Waspadai Cuaca Ekstrem di Indonesia

Rabu, 08 Januari 2020 - 10:09 WIB
Kedubes AS Ingatkan Warganya Waspadai Cuaca Ekstrem di Indonesia
Sejumlah perumahan di Kota Bekasi Jawa Barat mengalami banjir besar, merendam rumah dan kendaraan beberapa waktu lalu. (Foto:SINDONews/Dok)
A A A
JAKARTA - Kedutaan Besar (Kedubes) Amerika Serikat mengeluarkan peringatan dini bagi warganya yang berada di Indonesia, khususnya di Jakarta dan sekitarnya untuk mewaspadai cuaca ekstrem yang diprediksi terjadi hingga 12 Januari 2020.

Dalam website resminya, id.usembassy.gov menyebutkan Jakarta dan daerah sekitarnya diperkirakan akan mengalami hujan sangat lebat sepanjang hari dan badai halilintar. (Baca juga: Data Terbaru Korban Banjir dan Longsor di Jabodetabek dan Lebak)

Untuk mengantisipasi badai dan angin kencang yang mungkin menyebabkan banjir, tanah longsor, pemadaman listrik, dan kondisi perjalanan yang sulit, warga Amerika diminta untuk menyiapkan langkah-langkah antara lain, menyiapkan rencana tanggap darurat dengan menggunakan fasilitas yang tersedia di https://www.ready.gov/ untuk membuat rencana bagi keluarga, pekerjaan, dan sekolah.

Kemudian, Kedubes Amerika Serikat juga meminta warganya untuk memantau perkembangan terkini melalui media lokal dan mewaspadai lingkungan sekitarnya serta memantau informasi dari otoritas cuaca Indonesia melalui website https://www.bmkg.go.id/.

” Kunjungi peta bencana untuk mengetahui informasi terkini tentang daerah banjir. Daftarkan diri Anda dalam Program Pendaftaran Pelancong Cerdas (LANGKAH) untuk menerima pembaruan keamanan,” tulis peringatan dini dalam website tersebut.

Tidak hanya itu, Kedubes Amerika juga mengimbau warganya untuk mengikuti Konsulat Jenderal AS di Surabaya melaluui akun Twitter dan Facebook dan Kedutaan Besar AS di Jakarta di Twitter dan Facebook.

Dalam website tersebut, Kedubes juga mencantumkan pos bantuan yakni,

U.S. Embassy Jakarta, Indonesia
• +62-21-5083-1000
• https://id.usembassy.gov/
• JakartaACS@state.gov

U.S. Consulate General Surabaya, Indonesia
• +62-31-297-5300 or +62-21-5083-1000 after hour
• https://id.usembassy.gov/embassy-consulates/surabaya/
• SurabayaACS@state.gov

U.S. Consular Agency in Bali, Indonesia
• +62-361-233-605 or +62-21-5083-1000 after hour
• CABali@state.gov
(zys)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.3146 seconds (0.1#10.140)