Siloam Hospitals Group Berempati Bantu Layani Kesehatan untuk Warga Terdampak Banjir

Minggu, 05 Januari 2020 - 10:06 WIB
Siloam Hospitals Group Berempati Bantu Layani Kesehatan untuk Warga Terdampak Banjir
Suasana Pelayanan Kesehatan paska Banjir di Posko Kesehatan MRCCC wilayah Daan Mogot, Jakarta Barat. (Foto/SINDOnews/Ist).
A A A
JAKARTA - Hujan deras yang terjadi di wilayah Jakarta dan sekitarnya pada Selasa, 31 Desember 2019 mengakibatkan banjir di berbagai lokasi.

Sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama, Siloam Hospitals Group membantu meringankan korban banjir melalui penyediaan posko pelayanan kesehatan di beberapa lokasi yang mengalami dampak banjir yang sangat merusak sendi kehidupan warga.

“Siloam Hospitals Group memberikan bantuan bagi warga terdampak banjir untuk mempercepat pemulihan seiring dengan semakin surutnya banjir melalui penyediaan posko pelayanan kesehatan di Bekasi (dilayani oleh Siloam Hospitals Bekasi Timur, RS Siloam Bekasi Sepanjang Jaya, dan RS Sentosa), Apartemen Daan Mogot City, Kalideres (dilayani oleh MRCCC Siloam Hospitals Semanggi dan Siloam Hospitals Kebon Jeruk), dan Ciledug (dilayani oleh Siloam Hospitals Lippo Village),” ujar Caroline Riady, Deputy President Director Siloam Hospitals Group dalam keterangan pers tertulisnya yang diterima Minggu (5/1/2020).

Sementara posko pelayanan kesehatan Siloam Hospitals Group didukung oleh tenaga medis (dokter, perawat, dan apoteker) dan menyediakan obat-obatan untuk perawatan simtomatik (perawatan untuk gejala penyakit yang timbul akibat banjir).

“Bila kemudian membutuhkan perawatan lanjutan, kami akan mengarahkan pasien untuk dibawa ke fasilitas kesehatan yang telah ditentukan oleh Dinas Kesehatan Provinsi. Kami berharap kondisi Jakarta dan sekitarnya segera pulih agar masyarakat dapat kembali beraktivitas seperti semula,” tambah Caroline.
 Siloam Hospitals Group Berempati Bantu Layani Kesehatan untuk Warga Terdampak Banjir

Adapun dari posko pelayanan kesehatan Siloam di areal apartemen Daan Mogot City, posko tersebut telah melayani lebih dari 103 warga yang datang untuk mendapatkan pelayanan kesehatan.

"Warga yang datang ke posko kami umumnya mengeluh sakit gatal pada kulit, radang dan beberapa anak terluka akibat terkena pecahan kaca maupun menginjak paku. Semua dapat kami tangani dengan baik. Ada dua pasien yang harus kami rujuk ke rumah sakit daerah akibat trauma dan bengkak akut pada kaki," tutur dr. Putri Liana Warman selaku Koordinator Posko Kesehatan MRCCC untuk wilayah terdampak banjir Daan Mogot, Kecamatan Kalideres, Jakarta Barat.

Putri Liana menambahkan, guna mendukung layanan, pihaknya menyediakan dua dokter, dua apoteker tiga perawat dan satu mobil ambulans.

"Adanya layanan posko kesehatan ini sangat menolong kami, khususnya keluarga saya. Selain posko dekat dengan lokasi rumah yang terkena banjir, saya merasa terbantu karena peralatan medis dan obat yang yang disediakan lengkap, " imbuh Ibu Pipit (49), warga dari RT 06, RW 01 kampung Duri Semanan, Daan Mogot, Jakarta Barat.

Pipit dan kedua anaknya memeriksakan diri akan keluhan saluran pernapasan dan nyeri pada kulit.

Aktivitas Siloam Hospitals Group ini juga didukung oleh Lippo Group yang turut memberikan bantuan berupa kebutuhan sandang dan pangan bagi korban banjir yang diberikan langsung ke pihak BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) DKI Jakarta.
(vhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 3.1367 seconds (0.1#10.140)