1 Keluarga Tewas Tertimbun Tanah Longsor

Sabtu, 04 Januari 2020 - 08:05 WIB
1 Keluarga Tewas Tertimbun Tanah Longsor
Tim SAR gabungan saat melakukan evakuasi korban tanah longsor di Kabupaten Lebak, Banten.Foto/Basarnas Banten
A A A
LEBAK - Lima korban tanah longsor di Kampung Cigobang, Kecamatan Lebak Gedong, Kabupaten Lebak pada Jumat (3/1/2019). Kelimanya merupakan satu keluarga yang rumahnya tertimbun tanah sejak Rabu, 1 Januari 2019 lalu.

Kepala Basarnas Banten, Zaenal Arifin mengatakan, proses evakuasi yang dilakukan sejak pagi tadi oleh tim gabungan dari Basarnas, TNI, Polri membuahkan hasil dengan menemukan lima korban.

Kelima korban yang berhasil ditemukan yakni Diva (8), Tiong (12), Enon (4), Fahmi (3), dan Encih (30). Mereka ditemukan dalam kondisi meninggal dunia tertimbun tanah dan material rumah.

"Kelima korban merupakan satu keluarga, mereka ditemukan didalam rumah yang tertimbun tanah longsor," kata Zaenal ditemui di Posko Pengungsian Gedung PGRI Kecamatan Sajira, Lebak, Jumat (3/1/2020).

Menurut Zaenal, proses evakuasi terkendala kondisi cuaca yang kerap turun hujan sehingga tanah yang berada di lokasi rawan longsor kembali. "Tada jam 1 siang atas nama Diva berjenis kelamin perempuan, umur 8 tahun berhasil ditemukan dalam keadaan meninggal dunia. Kemudian sekiar pukul dua sempat dihentikan karena cuaca, hujan dan membahayakan petugas," ujar Zaenal.

Saat hujan sudah reda sekitar pukul 15.00 WIB, tim gabungan melanjutkan proses pencarian dan berhasil menemukan keempat korban lainnya pada pukul 16.00 WIB. "Setelah berhasil dievakuasi seluruhnya, oleb pihak keluarga korban tidak dibawa kemana-mana dan langsung disemayamkan," ucapnya.
(vhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 4.5946 seconds (0.1#10.140)