alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Besok Dirjen Pemasyarakatan Temui Langsung Penghuni Lapas Hinai

Zailani Tanjung
Besok Dirjen Pemasyarakatan Temui Langsung Penghuni Lapas Hinai
ajaran Polres Langkat langsung melakukan sweeping di Kabupaten Langkat, Kamis sore (16/5/2019) menyusul pembakaran Lapas Narkotika Kelas III Langkat yang menyebabkan ratusan napi melarikan diri. Foto Ist

JAKARTA - Ratusan narapidana (napi) Lapas Kelas III Hinai, Kabupaten Langkat, ricuh hingga berontak dan membakar blok sel, Kamis (16/5/2019) diduga akibatrazia narkoba.

Peristiwa diawali sekitar pukul 11:30 WIB pada Kamis (16/5/2019) saat salah seorang petugas keamanan dan ketertiban sedang bertugas mendapati salah seorang napi membawa narkoba diduga jenis sabu.

Kemudian petugas melaporkan temuan tersebut kepada pihak kepala keamanan dan ditindaklanjuti berkoordinasi dengan pihak Polres  Langkat.



Peristiwa langsung ditindaklanjuti dengan pemeriksaan oleh Polres. Hal inilah yang diduga memprovokasi sejumlah narapidana melakukan perlawanan  yang berujung pada pemberontakan hingga menjebol pintu Lapas Langkat.  

Ditambah lagi jumlah petugas yg sangat tidak seimbang dengan jumlah hunian. Rusuh mulai terjadi saat polisi sedang melakukan pemeriksaan terhadap narapidana terlibat peredaran narkoba.

Nah, kondisi inilah yang ingin diketahui langsung Direktur Jenderal Pemasyarakatan  Sri Puguh Budi Utami. Dia direncanakan pada Jumat (17/5/2019), besok akan ke lapas tersebut.

“Penyebab pasti dari kejadian ini masih dalam penyelidikan dan pendalaman,  sedangkan jumlah pasti warga binaan masih kami inventarisir, adanya napi yang  melarikan diri juga sudah kami koordinasikan dengan TNI juga kepolisian untuk dilakukan pengejaran, selain dilakukan oleh jajaran petugas pemasyarakatan wilayah Sumatera Utara,” katanya  Utami

Saat kejadian jumlah pengnhuni Lapas Langkat berdasarkan SDP adalah 1635 orang dari kapasitas seharusnya untuk 915 orang.

Namun setelah sempat terjadi kerusuhan, kata Utami, saat ini Lapas langkat sudah relatif kembali kondusif.”Warga binaan yang sempat berada diluar lapas, saat ini telah kembali  ke kamar hunian masing-masing,” ungkapnya.

Utami telah  telah melakukan komunikasi melalui videocall dengan warga binaan Lapas Langkat yang antusias bergantian meneriakkan aspirasinya

“Kalian tenang,  saya akan datang ke sana besok. Saya akan mendengarkan keluhan kalian. Saya minta kalian yang tenang, tertib, dan kembali ke blok masing2  besok ketemu saya, bisa kalian bisa sampaikan semua aspirasi  kalian ke saya, ” kata Utami kepada warga binaan yang riuh rendah berteriak melalui ponselnya.

Melalui  arahan jajaran Kanwil Sumatera Utara,  oleh Kepala Divisi  Administrasi, Kepala Divisi Imigrasi, TNI, Kepolisian dan Petugas PAS secara sukarela tertib kembali ke kamar masing-masing.

“Yang pasti besok saya dan jajaran akan melakukan dialog secara langsung dengan warga binaan Lapas Langkat, menampung  aspirasi mereka.Kami akan konsisten memenuhi hak – hak mereka, namun kami juga tidak bergeming untuk tegas menghentikan peredaran narkoba di dalam lapas dan rutan,” ucapnya.



(vhs)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif