alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Kerusuhan Lapas Narkotika Langkat Dipicu Sweeping Narkoba

M Andi Yusri
Kerusuhan Lapas Narkotika Langkat Dipicu Sweeping Narkoba
Petugas Pemadam Kebakaran melakukan pemadaman api yang menguasai Lapas Narkotika Kelas III, Hinai, Langkat, Kamis siang.(Foto/Ist)

MEDAN - Kerusuhan yang terjadi di Lapas Narkotika Kelas III Hinai, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, diduga dipicu sweeping narkoba yang dilakukan petugas sipir.

Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Sumatera Utara (Sumut), Dewa Putu Gede mengatakan kericuhan yang terjadi di Lapas Kelas III Hinai diduga disebabkan tidak terima dilakukan sweeping yang menemukan narkoba dalam satu blok napi. Sehingga napi membuat perlawanan terhadap petugas Sipir.

"Informasinya ada perlawanan saat penangkapan narkoba. Awalnya pegawai sedang melakukan sweeping dan ditemukam satu blok itu ada narkobanya. Begitu diambil narkobanya, napi melakukan perlawanan. Begitu aja laporan awalnya," Kata Dewa Putu Gede saat berada di Bandara Soekarno Hatta melalui sambungan telefon.



Dia menjelaskan akibat kejadian itu, Kanwil Kemenkumham Sumut telah berkoordinasi dengan Polda Sumut untuk melakukan pengamanan ketat di kawasan Lapas Kelas III tersebut.

"Kami sudah koordinasi sama Pak Kapolda Sumut untuk melakukan penjagaan ketat dengan menurunkan personil kepolisian," jelasnya.

Akibat kejadian itu, ratusan napi berhamburan keluar dari dalam blok Lapas untuk menghindari kebakaran. "Di luar Lapas informasinya ada sekitar 500-an napi. Belum diketahui berapa napi yang kabur," jelasnya.



(zys)

loading...