Agung Laksono Berharap Kerja Sama Indonesia-Ukraina Makin Meningkat

Senin, 30 Desember 2019 - 07:14 WIB
Agung Laksono Berharap Kerja Sama Indonesia-Ukraina Makin Meningkat
Anggota Wantimpres Agung Laksono bertemu Wakil Ketua Kantor Kepresidenan Ukraina Ihor Zhovkva di Kiev, Ukraina, didampingi Dubes untuk Ukraina, Yuddy Chrisnand. (Foto/SINDOnews/Ist)
A A A
JAKARTA - Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) RI Agung Laksono berharap, kerja sama saling mendukung antara Indonesia-Ukraina terjalin semakin dipererat.

Apalagi jika dilihat dari total nilai perdagangan bilateral antara Indonesia dan Ukraina terus menunjukkan peningkatan pertahunnya.

Hal itu disampaikan Agung Laksono dalam keterangan tertulisnya, Minggu (29/12/2019), usai bertemu dengan Wakil Ketua Kantor Kepresidenan Ukraina yang juga Anggota Tim Penasihat Presiden, Ihor Zhovkva di Kiev, Ukraina.

Dalam pertemuan itu, Agung Laksono didampingi Duta Besar untuk Ukraina, Yuddy Chrisnandi. Menurut Agung Laksono, pertemuan berjalan dengan suasana hangat dan bersahabat, bahkan diakhir pertemuan, menurut Agung Laksono, ada keinginan perlunya mendorong kerja sama kedua negara ini hingga di tingkat tinggi.

"Tadi ada keinginan soal kemungkinan dilakukannya kunjungan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky ke Indonesia ataupun Presiden Joko Widodo ke Ukraina. Saya berharap semoga kunjungan itu bisa segera terealisasi," kata Agung.

Pada bagian lain, pihaknya juga mengharapkan Ukraina untuk memperluas akses pasarnya untuk produk-produk komoditi Indonesia tidak hanya komoditas utama ke Ukraina yaitu minyak kelapa sawit dan turunannya.

"Tapi juga keinginan memperluas produk Indonesia di pasar Ukraina terutama untuk produk makanan, pertanian, produk hasil laut, buah-buahan tropis, karet dan sebagainya," jelas Agung.

Sementara itu, Wakil Ketua Kantor Kepresidenan Ukraina Ihor Zhnovkva mengatakan, kerja sama bilateral yang naik saat ini dan diharapkan dapat terus ditingkatkan tidak hanya bilateral namun juga di berbagai fora internasional dan multilateral.

Sehari sebelum bertemu dengan, Anggota Tim Penasihat Presiden, Ihor Zhnovkva di Kiev, Agung Laksono juga sempat melakukan pertemuan dengan President Chambers of Commerce Ukraina Gennadiy Chyzhykov.
(vhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 4.2782 seconds (0.1#10.140)