Istri Almarhum Bripka Anumerta Surianto Direkrut Jadi Dokter di RS Bhayangkara

Kamis, 26 Desember 2019 - 18:51 WIB
Istri Almarhum Bripka Anumerta Surianto Direkrut Jadi Dokter di RS Bhayangkara
Proses pemakaman secara militer dilakukan untuk memakamkan jenazah Bripka anumerta Surianto menuju TPU Jalan Wakaf Desa Sunggal Kanan, Kabupaten Deliserdang, Kamis (26/12/2019). (Foto/SINDOnews/Andi)
A A A
DELISERDANG - Istri almarhum mantan ajudan Kapolda Jawa Tengah (Jateng), Brigadir Kepala (Bripka) anumerta Surianto akan direkrut menjadi tenaga medis dokter di Rumah Sakit Bhayangkara Medan.

Hal itu disampaikan Kapolda Sumatera Utara (Sumut), Irjen Pol Martuani Sormin Siregar usai melayat jenazah Bripka anumerta Surianto di Rumah orang tuanya, Desa Sunggal Kanan Kecamatan Sunggal Kabupaten Deliserdang, Kamis (26/12/2019). (Baca juga: Mantan Ajudan Kapolda Jawa Tengah Tewas Ditabrak Truk di Deliserdang)

"Kebetulan istri dari anggota kami ini (Bripka anumerta Surianto) adalah seorang dokter, maka nanti akan kami rekrut sesuai administrasi menjadi dokter di Rumah Sakit Polri (Bhayangkara), Medan," terangnya didampingi Kabid Humas Kombes Pol Tatan Dirsan Atmadja dan Kapolresta Deliserdang AKBP Yemi Mandagi.

Kapolda selalu mengingatkan kepada setiap personil untuk tetap menjaga diri dan penuh kehati-hatian dalam melaksanakan tugas sebagai anggota Polri.

"Namanya kecelakaan itu adalah musibah. Tidak ada yang menginginkan kecelakaan itu. Itu diluar kemampuan manusia. Sebagai atasan/Komandan tetap kita ingatkan kepada seluruh personil untuk selalu hati-hati," ujarnya.

Proses upacara pemakaman dilakukan secara militer yang menjadi Inspektur Upacara (Irup) Waka Polresta Deliserdang, AKBP Julianto P Sirait dan komandan upacara Iptu Rommy Syahputra dilakukan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Jalan Wakaf Desa Sunggal Kanan Kecamatan Sunggal Kabupaten Deliserdang.

Dimulai dengan pembacaan Keputusan kenaikan pangkat setingkat lebih tinggi dari Brigadir Pol menjadi Bripka Anumerta sesuai TR Kapolri Nomor: STR/833/XII/KEP./2019 Tanggal 26 Desember 2019. (Baca juga: Kapolda Sumut Melayat ke Rumah Duka Bripka Anumerta Surianto Gugur saat Pengamanan Natal)

"Ini adalah musibah bagi Polda Sumatera Utara. Ada anggota kami yang Pam (pengamanan) operasi lilin mengalami laka lantas. Tadi malam saya lapor kepada Bapak Kapolri, karena anggota kita sedang terlibat pengamanan dan beliau setuju kita usulkan kenaikan pangkat luar biasa anumerta dari pangkat Brigadir Polisi menjadi Brigadir Kepala Polisi. Ini adalah sebagai bentuk penghargaan dari Negara kepada personil Polri yang melaksanakan tugas operasi lilin pengamanan natal 2019," ungkapnya.

Bripka anumerta Surianto telah meninggalkan seorang istri dan tiga anaknya ini terakhir bertugas di Satlantas Polresta Deliserdang dan pernah menjadi ajudan Kapolda Jawa Tengah.

Surianto tewas dalam kecelakaan di Jalan Lintas Tanjung Morawa Km 23-24 Desa Tanjung Baru Kecamatan Tanjung Morawa Kabupaten Deliserdang, Sumut, Rabu (25/12/2019).

Surianto tewas kecelakaan saat hendak melaksanakan tugas Operasi Lilin Toba 2019 sebagai personel Pospam Natal dan Tahun Baru di Simpang Kayu Besar, Kecamatan Tanjung Morawa, Kabupaten Deliserdang.

Surianto berangkat dari Polresta Deliserdang menuju Pospam Kayu Besar, Tanjung Morawa untuk melaksanakan pergantian piket pospam dengan menggunakan sepeda motor Yamaha Mio Nomor Polisi BK 5409 MG.

Setibanya di Jalan Lintas Km 23-24, dekat Yayasan Perguruan Karya, Tanjung Morawa, Kabupaten Deliserdang, tiba-tiba dari arah yang berlawanan (dari Kota Medan) muncul truk Colt Diesel BK 9551 VK yang ingin mendahului kendaraan didepannya dengan memakan jalan sebelah kanan dan menabrak sepeda motor korban Surianto.

Selain itu, truk juga menabrak rumah warga seberang jalan. Akibat kecelakaan lalu lintas tersebut, Surianto mengalami luka robek dan memar di kepala, luka lecet di tangan dan kaki.

Satlantas Polresta Deliserdang langsung mendatangi lokasi kejadian dan membawa korban ke Rumah Sakit Grandmed, Lubuk Pakam sebelum akhirnya menghembuskan nafas terakhir.
(vhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 3.6751 seconds (0.1#10.140)