Israel Ciptakan Mobil yang Mampu Mendeteksi dan Perbaiki Sendiri

Senin, 23 Desember 2019 - 15:33 WIB
Israel Ciptakan Mobil yang Mampu Mendeteksi dan Perbaiki Sendiri
Teknologi Aurora Labs. FOTO/ Ist
A A A
TEL AVIV - Tubuh manusia memiliki sistem imun yang dapat mendeteksi dan melakukan perbaikan sendiri jika ada yang tidak beres pada tubuh seseorang.

Misalnya, tubuh akan secara otomatis menaikkan suhu tubuh atau jumlah sel darah putih, ketika mendeteksi sesuatu yang salah dan berpotensi menyebabkan kehilangan kesadaran.

Berangkat dari sistem ini, sebuah perusahaan rintisan di bidang automotif asal Israel, Aurora Labs, menciptakan teknologi kendaraan inovatif yang dapat memperbaiki dirinya sendiri.

"Teknologi kami memiliki pendekatan yang sama, yakni mendeteksi jika ada yang tidak beres sebelum menyebabkan kegagalan besar," kata Wakil Presiden Eksekutif Pemasaran Aurora Labs, Roger Ordman, dikutip dari Carscoops, Senin (23/12/2019).

Di saat para produsen mobil sedang berlomba-lomba menciptakan kendaraan listrik dan otonom, start up ini mengambil langkah yang lebih maju.

Sistem yang dikembangkan oleh Aurora Labs, mampu mendeteksi dan memperbaiki fungsi kendaraan, serta memperbarui mobil dari jarak jauh tanpa mengalami downtime.

Perusahaan ini menggunakan teknologi Line of Code yang telah dilatih mengenai mesin, dan ditanamkan artificial intelligence (AI). Sistem ini memiliki pemahaman yang lebih mengenai perangkat lunak yang dipasang di lebih dari 100 ECU kendaraan.

Jadi, ketika sistem mendeteksi adanya kesalahan atau masalah pada mobil, sistem akan langsung melakukan pembaruan otomatis, atau menjalani perbaikan jangka pendek agar kendaraan tidak mati total.

Aurora Labs memang bukan pendatang baru di Industri ini. Perusahaan yang didirikan pada 2016 ini telah menjalin kerja sama dengan pabrikan mobil besar asal Jerman, Amerika Serikat, Jepang, dan Korea, untuk menjalankan teknologi yang telah diciptakan.
(zys)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.2759 seconds (0.1#10.140)