Jelang Lebaran, Properti Alami Tren Positif

Rabu, 15 Mei 2019 - 14:04 WIB
Jelang Lebaran, Properti Alami Tren Positif
Tren Positif Properti Jelang Lebaran. (Istimewa).
A A A
PERGERAKAN pasar properti menjelang dan setelah Lebaran diprediksi melaju secara positif meskipun cenderung landai. Daya beli masyarakat yang masih kuat menjadi salah satu faktor penopang industri properti.

Pasar properti akan mengalami sedikit penyesuaian terkait bulan Ramadhan dimana hal ini dipengaruhi oleh lonjakan harga barang konumsi yang terjadi di bulan Ramadhan.

Rumah.com Property Index menunjukkan bahwa tren harga pasar properti mengalami penyesuaian pada periode Ramadhan dalam tiga tahun terakhir. Pada periode Ramadhan 2016, mulai awal Juni 2016 (akhir Q2) sampai awal Juli 2016 (awal Q3), tren pasar properti mengalami penyesuaian pada kuartal ketiga. Selanjutnya, pada Ramadhan 2017 dari akhir Mei 2017 sampai akhir Juni 2017 (Q2), penyesuaian harga terjadi pada kuartal kedua. Sedangkan pada periode Ramadhan 2018, mulai pertengahan Mei sampai dengan pertengahan Juni 2018 (Q2), penyesuaian juga terjadi pada kuartal kedua.

Head of Marketing Rumah.com, Ike Hamdan menjelaskan bahwa sejak 2016, Ramadhan dan Lebaran berada pada Q2 atau sedikit awal Q3. Berdasarkan data Rumah.com Property Index terlihat bahwa pergerakan di Q2 setiap tahun mengalami penyesuaian baik penurunan maupun kenaikan dalam kisaran 1 persen.

“Untuk Ramadhan 2019, yang dimulai awal Mei 2019 sampai dengan awal Juni 2019 (Q2), diperkirakan juga akan terjadi tren yang sama. Penyesuaian ini lebih disebabkan karena perhatian pasar teralihkan pada konsumsi jangka pendek seputar hari raya. Namun demikian, tren jangka panjang tetap positif, baik dari sisi harga pasar mau pun ketersediaan rumah,” jelasnya di Jakarta Selasa (14/5/2019).

Data Rumah.com Property Index ini memiliki akurasi data yang cukup tinggi untuk mengetahui dinamika yang terjadi di pasar properti di Indonesia, karena merupakan hasil analisis lebih dari 400.000 listing properti dijual dan disewa dari seluruh Indonesia, dengan lebih dari 17 juta halaman yang dikunjungi setiap bulan dan diakses oleh lebih dari 5,5 juta pencari properti setiap bulannya.

Selama tiga tahun terakhir dan juga tahun ini, Ramadan dan Lebaran berlangsung pada kuartal kedua dan awal kuartal ketiga. Pada periode tersebut, terlihat tren penyesuaian harga yang cenderung seragam. Rumah.com Property Index menunjukkan bahwa harga properti pada kuartal ketiga 2016 mengalami penurunan sebesar 0,4 persen dari kuartal sebelumnya. Sementara pada 2017, indeks menunjukkan bahwa harga properti pada kuartal kedua mengalami kenaikan sebesar 1,07%. Sedangkan pada 2018, harga properti mengalami kenaikan di kuartal kedua 2018 sebesar 1,14%.

Secara historikal, setiap bulan Ramadhan dari tahun ke tahun penjualan properti relatif cenderung turun dibandingkan bulan-bulan sebelumnya. Pola ini terbentuk dari kebiasaan para calon pembeli yang akan menunda melakukan transaksi hingga satu bulan setelah Lebaran, dan akan polanya akan naik lagi hingga mendekati tahun baru.

Sementara dari sisi suplai, Rumah.com Property Index menunjukkan tren penurunan pada periode Ramadan dan Lebaran di tahun 2017 dan 2018. Pada 2017, indeks menunjukkan suplai properti pada kuartal kedua mengalami penurunan sebesar 2,08%. Sedangkan pada 2018, suplai properti mengalami penurunan di kuartal kedua 2018 sebesar 2,11%.

Menurut Ike, penurunan suplai properti ketika Ramadan dan Lebaran karena penjual cenderung menghabiskan persediaan suplai yang telah ada. Diiringi dengan penyerapan pasar yang tidak terlalu agresif, maka hal ini menjadi lebih masuk akal daripada memaksakan suplai pada saat sebagian besar fokus masyarakat diarahkan pada spending konsumsi jangka pendek.
(boy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.8204 seconds (0.1#10.140)