Ekspedisi Ramadan IZI Sasar Pengungsi Gunung Sinabung

Rabu, 15 Mei 2019 - 12:39 WIB
Ekspedisi Ramadan IZI Sasar Pengungsi Gunung Sinabung
Agenda Ekspedisi Ramadhan IZI ini mengajak donatur untuk mengajak dan bisa merasakan langsung bagaimana tim ekspedisi menyalurkan bantuan.Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Program Ekspedisi Ramadan Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) menyasar 10 titik provinsi, salah satunya di titik pengungsi Gunung Sinabung, Karo, Sumatera Utara.

Selain Sumatera Utara titik lainnya yakni di Sambas, Kalimantan Barat; Singkawang, Kalimantan Barat; Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur (NTT); Jeneponto, Sulawesi Selatan; Seluma, Bengkulu; Sorong, Papua Barat; Sebatik-Nunukan, Kalimantan Utara; Pulau Seram, Maluku; dan Dili, Timor Leste.

Hal ini dikatakan GM Pendayagunaan IZI, Haryono pada acara Media Gathering IZI, di Condet Festival Resto, Jakarta Timur, Selasa (14/5/2019).

Haryono menjelaskan, mulai Ramadan tahun ini, IZI ingin meningkatkan kapsitas distribusi bantuan di wilayah pelosok, perkotaan. Bahkan, IZI mengajak para donatur untuk ikut terjun ke lapangan dalam membagi-bagikan paket Ramadan.

"Agenda Ekspedisi Ramadhan ini mengajak donatur untuk mengajak dan bisa merasakan langsung bagaimana tim ekspedisi menyalurkan bantuan, karena tiap daerah memiliki tantangan tersendiri. Alhamdulillah kemarin donatur ada yang ikut menyalurkan," pungkas Haryono.

Sementara itu Direktur Utama IZI, Wildhan Dewayana sampai hari kedelapan Ramadan tahun ini pendistribusiannya telah mencapai 3.560 paket. Di tahun ini, IZI menargetkan 15 ribu Paket Ramadan yang akan didistribusikan ke seluruh wilayah Indonesia, termasuk daerah 3T (tertinggal, terdepan, dan terluar).

Pendistribusi Paket Ramadan IZI sudah mulai dilakukan sejak H-7 Ramadan ke titik-titik tersebut. "Kami ingin laporkan sedikit apa yang kami lakukan, dalam bentuk Ekspedisi Ramadan. Ini wujud pertanggungjawaban kami terhadap umat," katanya.

Menurut Wildhan, Ekspedisi Ramadan merupakan bentuk penyaluran dari Program Booking Berkah Ramadan yang sudah IZI kampanyekan dari beberapa bulan lalu.

Booking Berkah Ramadan merupakan program IZI dalam menyambut bulan suci Ramadan, yang bertujuan untuk menjamin kesediaan pangan kaum dhuafa selama Ramadan.

Sementara itu, Ketua Program Ramadan IZI Deddy Fenalosa mengungkapkan rangkaian acara Ekspedisi Ramadan ini sudah memasuki tahun kedua. Dia mengaku, sejauh ini respons masyarakat cukup baik.

"Dan alhamdulillah para donatur kami selama ini ikut membagikan di kota-kota, tapi kita bagikan juga di desa 3T ini. Alhamdulillah sejak April sudah kampanyekan di 16 kantor perwakilan IZI. Seluruh sales kita ada 70 orang, dan relawan-relawan juga sekitar 213 orang," jelas Deddy.
(vhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.9653 seconds (0.1#10.140)