Jet F-35 Inggris Melesat dari Kapal Induk Queen Elizabeth

Selasa, 17 Desember 2019 - 09:23 WIB
Jet F-35 Inggris Melesat dari Kapal Induk Queen Elizabeth
Pesawat jet tempur F-35B Lightning Inggris. (Foto/Kyle Heller RN/plymouthherald.co.uk)
A A A
LONDON - Pesawat jet tempur siluman F-35 lepas landas dari kapal induk HMS Queen Elizabeth untuk pertama kalinya saat kapal raksasa itu berada di Inggris. Sebelumnya, jet tempur F-35 telah menjalani uji coba serupa di kapal induk terbesar Inggris saat berada di Amerika Serikat (AS)

Deru mesin F-35B Lightning terdengar nyaring saat diluncurkan dari "jalur ski" di dek penerbangan kapal induk saat merapat di pangkalannya di Portsmouth pada hari Senin.

Pesawat tempur generasi kelima produksi Lockheed Martin itu disimpan di kapal induk 65.000 ton saat kembali dari AS.

Angkatan Udara Kerajaan (Royal Navy) Inggris mengatakan beberapa jet tempur Inggris tidak kembali dengan kapal itu karena menjalani perbaikan dan pemeliharaan yang perlu dilakukan. Namun, jet-jet tempur baru itu segera kembali ke RAF Marham—pangkalan F-35 Inggris di Norfolk.

"Setelah menyelesaikan uji terbang yang sukses di AS, satu F-35 Lightning tetap memulai (uji penerbangan) pada HMS Queen Elizabeth agar pekerjaan perbaikan dan pemeliharaan (jet-jet tempur lain) dapat diselesaikan," kata Royal Navy melalui seorang juru bicaranya, seperti dikutip Evening Standard, Selasa (17/12/2019).

Pesawat tempur siluman F-35B diakui sebagai jet paling canggih di dunia, dengan kecepatan tertinggi 1,6 Mach dan jangkauan 900 mil laut.

Pesawat-pesawat itu dikerahkan untuk pertama kali oleh Inggris dalam misi pengintaian terhadap wilayah Irak dan Suriah dalam pertempuran melawan kelompok ISIS pada Juni tahun ini.

Kapal induk HMS Queen Elizabeth tiba di Portsmouth awal bulan ini di mana kapal itu berlabuh di samping saudaranya, kapal induk HMS Prince of Wales, yang secara resmi ditugaskan ke Angkatan Laut minggu lalu oleh Duchess of Cornwall, yang disertai oleh Prince of Wales.
(zys)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.2326 seconds (0.1#10.140)