alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Kemenpan RB Pangkas 156 Jabatan, Sisakan 3 Jabatan Eselon III/IV

Dita Angga Rusiana
Kemenpan RB Pangkas 156 Jabatan, Sisakan 3 Jabatan Eselon III/IV
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Tjahjo Kumolo mengatakan bahwa struktur birokrasi hasil pemangkasan sudah berjalan efektif. (Foto/SINDOphoto)

JAKARTA - Dibandingkan dengan kementerian/lembaga lain dan pemerintah daerah (pemda), Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) telah melakukan pemangkasan eselon lebih dulu. Menpan RB Tjahjo Kumolo mengatakan bahwa struktur birokrasi hasil pemangkasan sudah berjalan efektif saat ini.

“Sudah rampung. Sudah selesai. Sudah efektif jalan,” ujar Tjahjo Kumolo di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (16/12/2019).

Dikatakan Tjahjo, sebelumnya ada 159 jabatan struktural di Kemenpan RB. Setelah pemangkasan hanya menyisakan tiga jabatan struktural eselon III/IV di Kemenpan RB. Dia mengatakan untuk Eselon III dari sebelumnya berjumlah 63 menjadi 1 jabatan. Sementara untuk Eselon IV dari yang sebelumnya berjumlah 96 menjadi 3 jabatan.



“Untuk Eselon III yang dipertahankan adalah Kepala Bagian TU dan Layanan Pengadaan. Untuk Eselon IV yang dipertahankan adalah Kasubag Rumah Tangga dan Kasubag Protokol,” tuturnya.

Dia mengatakan bahwa 156 Eselon III/IV yang dipangakas dialihkan ke jabatan fungsional. Terkait dengan efektivitas, dia mengatakan masih akan terus melakukan evaluasi.

“Kita evaluasi bertahap nantinya. Kan baru, belum bisa kita lihat. Ya harusnya lebih effektif,” tuturnya.

Sementara itu saat membuka Musrenbangnas, Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali menegaskan pentingnya penyederhanaan birokrasi. Dia mengatakan bahwa hal ini dilakukan untuk merespons perubahan yang terjadi di dunia.

“Sehingga ini masih dalam proses. Yang namanya Eselon III dan IV sedang dikaji, dihitung untuk dipangkas. Mau diganti apa? Diganti yang sekarang sedang banyak dilakukan negara lain, juga baru memulai mereka. Diganti aritificial intelligent, AI. Nanti dengan big data yang kita miliki, jaringan yang kita miliki memutuskan akan cepet sekali kalau kita pakai AI. Tidak bertele-tele, tidak muter-muter,” kata Jokowi.

Dia mengatakan hal ini bukanlah hal sulit dan malah akan memudahkan pemerintah bekerja. Namun begitu dia mengatakan penyederhanaan birokrasi tidak akan berdampak pada pendapatan para ASN.

“Tapi ini tidak akan mengurangi income dan pendapatan dari yang terkena pemangkasan. Jangan ada yang khawatir,” pungkasnya.

Seperti diketahui berdasarkan data Kemenpan RB jabatan struktural di Indonesia berjumlah 10% dari total PNS Indonesia 4.285.576. Dimana Eselon III berjumlah 98.947, Eselon IV 327.771, dan Eselon V berjumlah 14.430.



(zys)

loading...