Tim Panelis Balon Kepala Daerah: Perindo Sumut Itu Seksi dan Idealis

Jum'at, 13 Desember 2019 - 15:57 WIB
Tim Panelis Balon Kepala Daerah: Perindo Sumut Itu Seksi dan Idealis
Ketua DPW Perindo Sumut Rudi Zulham Hasibuan dan pengurus berfoto bersama lima tim panelis uji kelayakan dan kepatuhan balon kepala daerah Pilkada serentak 2020. (Foto/SINDONews/Zailani)
A A A
MEDAN - Uji kelayakan dan kepatutan bakal calon (balon) kepala daerah Pilkada Serentak 2020, yang digelar DPW Perindo Sumut, selama dua pekan, berakhir.

Tim panelis dari akademisi menilai Perindo “seksi” dan idealis dalam menjalankan peran sebagai partai politik.

Dosen Universitas HKBP Nomensen Drs Charles M Sianutri MSBA, mengaku bangga terlibat langsung sebagai panelis balon KDh Pilkada Serentak 2020.

“Ini pelajaran berharga bagi kita semua untuk membangun Sumatera Utara lebih baik lagi di masa depan. Kolaborasi akademisi dan politisi yang kita lakukan hari ini nantinya bisa menghasilkan sosok-sosok pemimpin daerah yang mampu mensinergikan program pemerintah pusat dan daerah demi kesejahteraan masyarakat,” ujar Charles, Kamis (12/12/2019).

Dari 23 Kabupaten/Kota Pilkada Serentak, minat balon KDh untuk mendapatkan perahu Perindo cukup besar.

“Walaupun partai pendatang baru, Perindo sudah membuktikan mampu untuk melahirkan pemimpin-pemimpin masa depan yang lebih baik. Dan, seleksi ini tidak dapat kita temukan di partai-partai lain, hanya ada di Perindo. Saya sendiri banyak belajar dari sini. Ini membuktikan Perindo Sumut Seksi dan Idealis dalam menentukan pilihan pemimpin,” kata Charles sambil tersenyum.

Hal senada juga diungkapkan Dr Budiman NPD Sinaga, SH, MH, yang mengapresiasi terselenggaranya uji kelayakan dan kepatutan. Berkolaborasinya akademisi dari beragam ilmu dengan politisi, akan menjawab sosok balon kepala daerah yang sebagaimana yang diharapkan bersama, yaitu membangun dan mensejahterahkan masyarakat.

Kehadiran tim panelis dalam melakukan uji kelayakan dan kepatutan, juga memberikan warning kepada balon kepala daerah, untuk lebih banyak belajar dalam tata kelola pemerintahan dan undan-undang otonomi.

“Banyak yang ingin menjadi kepala daerah. Di sinilah tempatnya wawasan mereka diuji. Persoalan biaya politik memang penting, tetapi integritas itu yang kita butuhkan untuk seorang pemimpin,” ujarnya.

Budiman, didampingi tiga panelis lainnya Dadang Dermawan Pasaribu, MSi, Dr Drs Marlan Hutahaean, MSi, dan Dr Ir Budi D SInulingga MM, mengaku bangga dan siap bersinergi membangun Indonesia, khususnya Sumut untuk lebih maju lagi dimasa depan dengan menjaring pemimpin yang berintegritas.

Sebelumnya Ketua DPW Perindo Sumut Rudi Zulham Hasibuan didampingi Sekretaris Wilayah Donna Yulietta Siagian dan Ketua Bidang Organisasi Iskandar, Rosmauli Gultom dan Budianta Taringan, mengatakan pelaksanaan uji kelayakan dan kepatutan balon kepala daerah berjalan sukses.

“Alhamdulillah, dari 77 peserta 68 di antaranya hadir mengikuti uji kelayakan dan kepatutan. Beberapa diantaranya, Bupati Madina Dahlan Hasan Nasution, Bupati Labuhan Batu Andi Suhaimi dan beberapa lainnya dijadwalkan ulang karena kesibukan sebagai kepala darah. Hanya ada beberapa peserta mengundurkan diri karena tidak siap,” jelasnya.

Rudi Zulham mengucapkan terima kasih kepada tim panelis, dan ke depan akan memperkuat sinergitas bersama dalam mempersiapkan kader Perindo pada Pemilu 2019 mendatang. “Dalam waktu dekat kita akan menggandeng tim panelis untuk memberikan pelatihan terhadap anggota DPRD Perindo yang tersebar di seluruh Sumut,” pungkas Zulham.

Dengan berakhirnya uji kelayakan dan kepatutan balon kepala daerah, DPW Perindo Sumut akan mengevaluasi masukan-masukan tim panelis untuk dibahas dengan tim penjaringan Perindo Sumut.

“Nama-nama yang masuk nantinya akan kita bawa dan diputusukan oleh DPP, dengan mempertimbangkan masukan dan argumentasi dari DPW. Oleh karena itu, DPW masih membutuhkan masukan-masukan balon KDh yang mengikuti uji kelayakan dan kepatutan untuk mengirimkan hasil survei elektabilitas terakhir,” jelas Rudi.
(vhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.0026 seconds (0.1#10.140)