FAA AS Tahu Lion Air 610 Berpotensi Jatuh, Namun Dibiarkan Terbang

Jum'at, 13 Desember 2019 - 13:30 WIB
FAA AS Tahu Lion Air 610 Berpotensi Jatuh, Namun Dibiarkan Terbang
Pesawat-pesawat Boeing 737 Max yang dioperasikan berbagai maskapai penerbangan. Foto/REUTERS/Gary He
A A A
WASHINGTON - Sebuah dokumen resmi yang dirilis pada Rabu waktu Washington terungkap bahwa Administrasi Penerbangan Federal (FAA) Amerika Serikat (AS) tahu bahwa pesawat Boeing 737 Max 8 rentan jatuh jika desain tak diubah.

Boeing 737 Max termasuk penerbangan 610 Lion Air 610 yang jatuh di Laut Jawa 2018.
Juru bicara Asosiasi Pilot Aliansi dan pilot yang dilatih untuk Pesawat Boeing 737, Dennis Tajer, mengatakan kepada Sputniknews, yang dilansir Jumat (13/12/2019), bahwa dokumen itu menyoroti kelalaian ekstrem sistem FAA.

Ketua Komite Transportasi dan Infrastruktur Parlemen AS, Peter DeFazio, mengatakan laporan FAA dibuat Desember 2018 atau lebih dari sebulan setelah jatuhnya Lion Air di Indonesia yang menewaskan 189 orang. Laporan itu mengungkapkan bahwa pesawat tersebut kemungkinan besar akan terlibat dalam 15,4 kecelakaan mematikan selama umur 45 tahun jika tidak ada perubahan desain yang dibuat.

Terlepas dari temuan yang mengerikan dalam laporan ini, FAA masih nekat membiarkan pesawat itu terbang.

Tiga bulan kemudian pada 10 Maret 2019, Boeing 737 Max 8 kedua, yang dioperasikan oleh Ethiopian Airlines, jatuh beberapa menit setelah lepas landas dari Addis Ababa. Tragedi ini menewaskan semua 157 orang di dalamnya.

“Saya pikir sistem itu baru saja gagal menangkap seberapa serius keputusan ini dan seberapa besar konsekuensi itu dengan kematian semua orang tak berdosa ini," kata Tajer, yang merupakan pilot AS.

"Jadi, saya tidak tahu proses di balik pemikiran itu, tapi pasti itu (telah menyebabkan) tingkat kemarahan ketika kita melihat setiap bulan atau lebih, kadang-kadang setiap minggu...pengungkapan baru dari barang-barang yang sebelumnya tidak diungkapkan," lanjut Tajer kepada pembawa acara Sputniknews, John Kiriakou dan Brian Becker, pada hari Kamis.

American Airlines mengumumkan sebelumnya pada hari Kamis bahwa armada jet Boeing 737 Max akan tetap di darat sampai 7 April 2020.

"Hal-hal seperti ini, bersama dengan ketua Boeing (Dave Calhoun) baru-baru ini dalam sebuah wawancara awal bulan ini mengatakan bahwa tak lama setelah pesawat Lion (jatuh), mereka menyadari bahwa mereka telah membuat asumsi mematikan tentang bagaimana pilot akan bereaksi terhadap misfire
," katanya.

"Kaca spion bukanlah yang kita kendarai, tetapi kita tentu menggunakannya saat kita bergerak maju. Kami melakukan pertemuan dengan Boeing pada bulan November. Mereka tidak datang kepada kami dan berkata, 'Hai, kami membuat asumsi yang mematikan tentang ini, dengarkan baik-baik'. Mereka datang kepada kami dan, dalam banyak kasus, meremehkan masalah," kesal Tajer.

“Kami menyukai apa yang kami lihat sekarang dari FAA, tetapi kami tidak dapat mengabaikan; bagaimana kami sampai di sini? Karena itu sistem yang sama di tempat yang sekarang sedang dibebankan untuk sertifikasi ulang pesawat ini dan meninjau pelatihan pilot. Jadi, kami akan berdiri sendiri sebagai penasihat bagi penumpang kami. Dan kadang-kadang mungkin membuat pemangku kepentingan lain tidak nyaman ketika kita menuntut dan memanggil untuk melihat dokumen, tetapi kita akan gigih dalam hal itu, karena pada akhirnya kita adalah orang-orang yang merupakan garis pertahanan terakhir bagi penumpang kita, dan oleh cara kita di pesawat juga," papar Tajer.

Sistem kontrol penerbangan baru pesawat, Sistem Augmentasi Karakteristik Manuver (MCAS), ditemukan sebagai penyebab di balik kecelakaan. MCAS, yang dirancang untuk menjadi fitur keselamatan, seharusnya mengevaluasi data sensor dan mendorong hidung pesawat ke bawah agar tidak macet jika hidung pesawat terlalu tinggi.

Dalam wawancara 5 November dengan CNBC, Calhoun merujuk pada prediksi Boeing tentang bagaimana seorang pilot akan bereaksi terhadap masalah MCAS sebagai "asumsi mematikan".

"Cukup awal, asumsi itu, asumsi mematikan tentang apa yang akan dilakukan seorang pilot dalam keadaan itu ketika kondisi batas itu diuji...mulai terungkap," kata Calhoun.

"Dalam pengembangan awal pesawat, mereka memiliki informasi tentang MCAS untuk pilot dalam pelatihan perusahaan, dan mereka memang mengeluarkannya dari manual," kata imbuh Tajer.

"Lapisan pertama, di mana mereka berbicara tentang 'mereka membuat asumsi yang mematikan', asumsi yang mereka bicarakan adalah bagaimana pilot akan bereaksi, efek mengejutkan, dan bahwa mereka berasumsi empat hingga 10 detik untuk reaksi pilot dan resolusi dari masalah."

"Mereka tidak memperhitungkan semua gangguan yang akan terjadi dengan ini. Mereka mengeluarkan dari manual informasi. Dan lapisan kedua adalah, ketika Anda menentukan Anda telah membuat beberapa asumsi yang mematikan, kapan Anda akan mengungkapkannya kepada kami?," kata Tajer.

Menurut sebuah laporan yang dilansir Seattle Times, karena MCAS hanya seharusnya diaktifkan dalam apa yang menurut Boeing akan merupakan keadaan "yang sangat tidak umum di luar amplop penerbangan normal", Boeing berasumsi bahwa pilot tidak perlu dilatih tentang cara mengoperasikan sistem, menghapus informasi tentang MCAS dari manual penerbangannya.
(vhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.1599 seconds (0.1#10.140)