Tingkatkan Kualitas SDM, Sopo Parguruan di Toba Samosir Diresmikan

Kamis, 12 Desember 2019 - 12:24 WIB
Tingkatkan Kualitas SDM, Sopo Parguruan di Toba Samosir Diresmikan
Bupati Tobasa, Darwin Siagian saat meresmikan Sopo Parguruan di Desa Motung Kecamatan Ajibata Kabupaten Tobasa, Rabu (11/12/2019). (Foto/SINDOnews/Andi Yusri)
A A A
TOBA SAMOSIR - Dalam meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), Sopo Parguruan yang berada di Desa Motung, Kecamatan Ajibata Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) diresmikan.

Pembangunan Rumah belajar atau Sopo Parguruan dalam bahasa bataknya dibangun untuk kepentingan belajar anak cucu di Desa Motung itu. Bupati Tobasa, Darwin Siagian mengatakan dengan adanya Sopo Parguruan itu, SDM unggul bisa terwujud di Motung.

"Sehingga anak-anak kita menjadi kreatif dan meningkat SDM-nya. Bagaimana bisa berfungsi untuk meningkatkan SDM anak cucu kita kalau tidak didukung dengan fasilitas terkait," jelasnya usai meresmikan Sopo Parguruan, Rabu (11/12/2019).

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tobasa bersama Badan Otorita Pariwisata Danau Toba (BOPDT) melakukan berbagai upaya untuk terus menggenjot kualitas SDM pembangunan dengan meresmikan Sopo Parguruan tersebut.

Rumah belajar ini nantinya akan dimanfaatkan oleh anak-anak masyarakat mendapatkan pengetahuan tambahan selain dari sekolah. Bahkan, Bupati Toba Samosir Darwin Siagian meminta supaya guru bahasa Inggris didatangkan ke Sopo Parguruan.

"Kita mau SDM kita terus meningkat. Sesuai arahan Pak Presiden Joko Widodo," kata Darwin. Pembangunan Sopo Parguruan ini sendiri sudah disepakati oleh Raja Bius Siopat Marga.
(vhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.9023 seconds (0.1#10.140)