Tim Dokter Operasi Pemisahan Bayi Kembar Siam di Medan Terbentuk

Rabu, 11 Desember 2019 - 18:53 WIB
Tim Dokter Operasi Pemisahan Bayi Kembar Siam di Medan Terbentuk
Seorang perawat melihat kondisi bayi kembar siam yang dirawat di RSUP Adam Malik, Medan setelah lahir melalui proses caesar. (Foto/SINDOnews/Andi Y)
A A A
MEDAN - Dokter telah membentuk tim untuk operasi pemisahan bayi kembar siam dempat dada dan perut yang lahir di Rumah Sakit Umum Pusat Haji Adam Malik (RSUPH) Medan.

Bayi kembar siam jenis kelamin laki-laki diketahui lahir dengan kondisi dempet badan dan lahir di RSUP H Adam Malik Medan. Bayi tersebut lahir melalui proses caesar dan saat ini dalam keadaaan sehat. (Baca juga: Bayi Kembar Siam Dempet Perut dan Dada Ditangani Intensif RS Adam Malik Medan)

Direktur Medik dan Keperawatan RSUP H Adam Malik Medan, dr Zainal Safri menjelaskan pihaknya sudah membentuk tim untuk melakukan proses operasi pemisahaan bayi tersebut.

Tim yang dibentuk itu terdiri dari dokter yang sudah berpengalaman dan beberapa kali melakukan operasi bayi kembar. Namun, pihaknya harus menunggu untuk melakukan operasi.

"Untuk operasi mungkin harus menunggu beberapa bulan sampai berat badannya cukup aman untuk kita lakukan operasi. Kenapa begitu? karena tidak ada hal yang mesti dikejar. Jadi lebih baik berat badannya cukup. Jadi semua fisiknya sudah cukup kita akan lakukan operasi," terang Zainal Safri di RSUP Adam Malik, Medan, Rabu (11/12/2019).

Dikatakannya, bayi kembar identik dempet itu lahir dengan kondisi tidak prematur. "Kondisinya sehat dan kehamilan cukup bulan. Sekarang kita rawat dalam keadaan cukup baik. Perlengketannya di dadanya dan perut," ungkapnya.

Meski lengket di bagian dada dan perut, lanjutnya, kedua bayi itu memiliki organ seperti jantung dan paru-paru sendiri. "Organnya sudah matang semua. Sepertinya tidak terlalu sulitlah. Kita rawat di ruang perinatologi. Cuma lengket, masing-masing punya (organ dalam). Ibunya kita rawat, tidak ada masalah," pungkasnya.
(vhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.6319 seconds (0.1#10.140)