Sanna Milenial Berusia 34 Tahun Jadi PM Finlandia dan Pemimpin Termuda Dunia

Senin, 09 Desember 2019 - 21:54 WIB
Sanna Milenial Berusia 34 Tahun Jadi PM Finlandia dan Pemimpin Termuda Dunia
Sanna Marin, 34, terpilih jadi Perdana Menteri (PM) Finlandia. Foto/REUTERS
A A A
HELSINKI - Sanna Marin perempuan berusia 34 tahun terpilih menjadi perdana menteri (PM) baru Finlandia. Sanna kini menjadi pemimpin termuda di dunia.

Marin terpilih untuk memimpin Finlandia setelah PM sebelumnya, Antti Rinne, mengundurkan diri. Rinne terpaksa mengundurkan diri setelah salah satu partai koalisi, Centre Party (Partai Tengah), menyatakan kehilangan kepercayaan kepadanya setelah penanganan "Postal Strike" atau gelombang aksi mogok kerja massal.

Marin yang sejatinya masih menjabat sebagai Menteri Transportasi dari Partai Demokrat Sosial menang tipis atas Antti Lindtman dair partai yang sama dan memimpin parlemen.

Karier politik Marin mengalami peningkatan pesat di Finlandia sejak ia menjadi kepala dewan kota di kota asalnya, Tampere, pada usia 27. Dia bergabung dengan parlemen pada 2015.

Marin diyakini sebagai pemimpin termuda di dunia, mengalahkan Kim Jong-un dari Korea Utara yang usianya 35 tahun.

Para pemimpin partai di Finlandia sebenarnya relatif muda. Empat dari lima pemimpin partai dalam koalisi pemerintah berkuasa berusia di bawah 35 tahun dan kelimanya adalah perempuan.

Kelima politisi muda perempuan itu termasuk Menteri Urusan Ekonomi; Katri Kulmuni, 32, Menteri Dalam Negeri; Maria Ohisalo, 34, Menteri Pendidikan; Li Andersson, 32, dan Menteri Kehakiman; Anna-Maja Henriksson, 55.

Marin akan mengambil alih kendali Finlandia karena berada di tengah gelombang aksi mogok tiga hari yang menghentikan produksi bagi banyak perusahaan terbesar di negara itu.

Aksi mogok massal itu berpotensi membuat perusahaan Finlandia kehilangan 500 juta euro dalam pendapatan mereka. Data ini berasal dari Konfederasi Industri Finlandia.

"Kami memiliki banyak pekerjaan di depan untuk membangun kembali kepercayaan," kata Marin kepada wartawan, seperti dikutip news.com.au, Senin (9/12/2019).
(vhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.7447 seconds (0.1#10.140)