Pemprov Sumut Akui Pengelolaan Sampah Belum Maksimal

Kamis, 05 Desember 2019 - 22:58 WIB
Pemprov Sumut Akui Pengelolaan Sampah Belum Maksimal
Kadis DLH Pemprovsu Binsar Situmorang (tengah), Wakil Wali Kota Pematangsiantar Togar Sitorus (kiri) menyerahkan bantuan becak pengangkut sampah bermotor, Kamis (5/12/2019).(Foto/Ricky F Hutapea/Hms Pemkot)
A A A
PEMATANGSIANTAR - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) menyerahkan bantuan 12 becak sampah bermotor kepada 4 kabupaten dan kota di Tanjung Pinggir, Kecamatan Siantar Martoba,Kamis (5/12/2019).

Kepala DLH Pemprovsu, Binsar Situmorang mengatakan bantuan sarana transportasi pengangkut sampah diharapkan mampu meningkatkan pengelolaan sampah oleh pemerintah daerah.

Dikatakannya, bantuan becak pengangkut sampah bermotor sangat bermanfaat bagi pengurangan dan penanganan sampah yang akan digunakan untuk mengangkut sampah dari permukiman ke Tempat Pembuangan Sampah Sementara (TPSS) terdekat yang terjangkau layanan truk sampah.

Hampir seluruh kabupaten dan kota di Provinsi Sumatera Utara masih belum mampu menanggulangi masalah sampah dengan baik dan berkelanjutan. "Tanpa adanya perubahan yang mendasar, terutama dalam aspek hukum dan kelembagaan, masalah persampahan di Provinsi Sumatera Utara ibarat bom waktu yang semakin meresahkan masyarakat," kata Binsar.

Wakil Wali Kota Pematangsiantar Togar Sitorus mengapresiasi Dinas Lingkungan Hidup Sumut yang telah berkenan memberikan bantuan becak pengangkut sampah bermotor.

Togar mengatakan, berdasarkan laporan capaian pelaksanaan Kebijakan Strategis Daerah (Jakstrada) persampahan tahun 2018 di Kota Pematangsiantar, pelayanan sampah sudah menyeluruh kecamatan, yaitu delapan kecamatan dan seluruh kelurahan (53 kelurahan).

"Pencapaian pengelolaan sampah di Kota Pematangsiantar sudah 52 %, terdiri dari upaya pengurangan sampah 18 % dan penanganan sampah 74 %, sisanya belum terkelola karena proses alam atau belum terjangkau layanan persampahan,sehingga diharapkan dengan adanya bantuan becak pengangkut sampah bermotor pengelolaannya bisa lebih maksimal," ujar Togar.

Kadis Lingkungan Hidup Pemko Pematangsiantar Deddy Tunasto Setiawan,menyebutkan pemerintah kabupaten dan kota yang menerima bantuan becak pengangkut sampah bermotor, Kota Pematangsiantar (5 unit), Kota Sibolga (3 unit), Kabupaten Labuhanbatu Selatan (2 unit), dan Kabupaten Serdang Bedagai (2 unit).
(zys)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.5034 seconds (0.1#10.140)