Waspadai Difteri, Dinkes Simalungun Imunisasi Anak

Kamis, 05 Desember 2019 - 17:31 WIB
Waspadai Difteri, Dinkes Simalungun Imunisasi Anak
Bupati Simalungun JR Saragih menemui anak yang terindikasi virus difteri di RSUD Perdagangan.(Foto/SINDONews/Dinkes Simalungun)
A A A
SIMALUNGUN - Dinas Kesehatan Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, mewaspadai penyebaran virus difteri di Kecamatan Bandar, pasca ditemukannya empat anak di Kelurahan Perdagangan yang terindikasi terkena virus tersebut.

Kepala Dinas Kesehatan Pemkab Simalungun, Edwin Tony Simanjuntak mengatakan, pihaknya sudah merujuk ke empat anak yang terindikasi difteri untuk dilakukan pemeriksaan dan perawatan di RSUP H Adam Malik di Medan.

"Mengarah ke difteri, dan satu dari empat anak sudah meninggal dunia. Untuk pastinya hasil pemeriksaan menunggu dua minggu lagi. Hasil itu nantinya yang memastikan apakah positif atau negatif," kata Edwin, Kamis (5/12/2019).

Pasca ditemukannya indikasi difteri, Dinas Kesehatan Pemkab Simalungun melakukan imunisasi terhadap anak-anak yang masih sehat, di sekitar wilayah Kelurahan Perdagangan.

Kepada para kepala Puskesmas Edwin sudah meminta aktif memantau kemungkinan adanya kasus yang sama di wilayahnya,sehingga bisa segera ditangani.

Sebelumnya Bupati Simalungun JR Saragih meminta Dinas Kesehatan untuk memberikan perhatian serius dalam penanganan anak-anak yang terindikais difteri. JR berharap difteri tidak mewabah di Kabupaten Simalungun sehingga harus ditangani dengan optimal.
(zys)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.8224 seconds (0.1#10.140)