alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Tak Tinggalkan Surat Wasiat, Mugabe Tinggalkan Rp141 Miliar dan Properti

Syarifudin
Tak Tinggalkan Surat Wasiat, Mugabe Tinggalkan Rp141 Miliar dan Properti
Presiden Zimbabwe Robert Mugabe membaca tulisan saat perayaan ulang tahun ke-93 di Harare, Zimbabwe, 21 Februari 2017. Foto/REUTERS/Philimon Bulawayo

HARARE - Mendiang mantan pemimpin Zimbabwe Robert Mugabe yang meninggal dunia pada September lalu meninggalkan kekayaan USD10 juta (Rp141 miliar) dan beberapa properti di ibu kota.

Namun tak ada surat wasiat untuk menentukan siapa pewarisnya. Rincian tentang kekayaannya itu dirilis dalam surat kabar milik negara, Herald, pada Selasa (3/12). Warga Zimbabwe selama bertahun-tahun telah berspekulasi tentang kekayaan Mugabe. Banyak yang menduga dia dan keluarganya telah mengumpulkan banyak kekayaan selama 37 tahun berkuasa.

"Putri Mugabe, Bona Chikowore menulis pada Pengadilan Tinggi pada Oktober untuk mendaftarkan properti ayahnya," papar laporan Herald.



Daftar itu termasuk aset uang USD10 juta yang disimpan di satu bank lokal, empat rumah di Harare, 10 mobil, satu lahan pertanian, rumahnya di desa dan satu kebun buah-buahan.

Salah satu propertinya adalah rumah mewah yang disebut Blue Roof di wilayah pinggir ibu kota tempat Mugabe tinggal.

Daftar itu tidak termasuk beberapa lahan pertanian yang dimilikinya atau bisnis susu yang dia kelola dengan istrinya Grace, atau properti lain di luar Zimbabwe.

Herald melaporkan, pengacara Mugabe, Terrence Hussein telah meminta pengadilan mendaftar properti itu dan menyatakan dia serta keluarganya tidak menemukan ada surat wasiat yang ditinggalkan bapak pendiri Zimbabwe itu.

Sesuai hukum Zimbabwe, kekayaan orang yang meninggal tanpa surat wasiat dibagikan antara pasangan dan anaknya. "Sejauh ini kami tidak dapat menemukan surat wasiat, tapi telah mengirim permintaan ke firma hukum lain, meski anggota keluarga tidak tahu," tulis Hussein dalam surat untuk Pengadilan Tinggi.

WikiLeaks melaporkan, Mugabe diduga memiliki aset lebih dari USD1 miliar (Rp14 triliun) di Zimbabwe dan luar negeri.



(vhs)

loading...
Berita Terkait