alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Australia Terapkan Kamera Pendeteksi Ponsel

KORAN SINDO
Australia Terapkan Kamera Pendeteksi Ponsel
Kurangi kecelakaan, Australia Terapkan Kamera Pendeteksi Ponsel. Foto/Dok/SINDOnews

SYDNEY - Negara bagian New South Wales (NSW) mengungkapkan kamera pendeteksi ponsel yang dipasang di jalanan ternyata berhasil menurunkan jumlah kecelakaan lalu lintas  hingga sepertiga dalam dua tahun terakhir.

Salah satu wilayah yang menjadi lokasi penempatan kamera tersebut adalah ibu kota New South Wales, Sydney.

“Kamera pendeteksi orang menggunakan ponsel merupakan teknologi pertama yang digunakan di dunia,” kata Menteri urusan Jalanan NSW, Andrew Constance, dilansir Reuters. Dia mengungkapkan, teknologi tersebut akan menangkap penggunaan ponsel secara ilegal dengan tangkapan kamera.



Program deteksi ponsel kamera itu merupakan proyek pertama di dunia yang melibatkan penggunaan kamera yang beroperasi pada siang dan malam. Kamera tersebut bisa mendeteksi apakah si sopir memegang ponsel atau tidak. “Sistem tersebut mampu mengubah budaya,”kata Asisten Komisioner Kepolisian NSW Michael Corboy dilansir Reuters.

Belanda telah memberlakukan proyek serupa pada Oktober lalu. Bagi pengendara mobil yang menggunakan ponsel akan didenda sebesar USD265. Kalau di NSW, menerima panggilan telepon diperbolehkan, tetapi harus menggunakan hands-free. Namun, panggilan video, menggunakan media sosial dan memotret saat berkendara sanat dilarang.

Bagaimana cara kerjanya? Gambar hasil tangkapan kamera itu akan diverifikasi oleh personel yang bertugas. Kamera pendeteksi ponsel itu menggunakan kecerdasan buat untuk menilai gambar dan mendeteksi penggunaan ponsel secara ilegal. Nantinya, gambar tersebut akan disimpan dan dikelola dengan oleh sistem.

Dalam tiga tahun mendatang, 45 kamera akan ditempatkan di seluruh NSW di lokasi yang rahasiakan. Pemerintah juga tidak memasang rambu-rambu yang menunjukkan kalau ada kamera pengintai. Sepanjang tahun ini, 329 orang meninggal di jalanan NSW, dan 354 orang pada 2018. NSW ingin mengurangi jumlah korban tewas hingga 30% pada 2021. Bagi yang melanggar, mereka akan didenda USD233, dan khusus di zona sekolah adalah USD457.

“Pemerintah NSW serius mengurangi kecelakaan di jalanan dan memasang kamera pendeteksi ponsel sebagai cara untuk menurunkan jumlah kecelakaan,” kata Constance, dilansir CNN.Dalam uji coba, teknologi tersebut telah menangkap 100.000 orang yang mengendarai mobil sambil mengangkat atau bermain ponsel.



(vhs)

loading...
Berita Terkait