Muhammadiyah Persilakan Anggota dan Kadernya Ikut Reuni 212

Minggu, 01 Desember 2019 - 20:09 WIB
Muhammadiyah Persilakan Anggota dan Kadernya Ikut Reuni 212
Jutaan umat Muslim mengikuti aksi bela Islam 212 di Lapangan Monas, Jakarta Pusat. Foto/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Ketua PP Muhammadiyah Prof Dadang Kahmad tidak melarang anggota dan kader Muhammadiyah ikut Reuni 212 di Lapangan Monas, Jakarta Pusat, Senin (2/12) besok.

Namun, anggota dan kader tidak dibolehkan membawa atribut dan fasilitas organisasi Muhammadiyah ke acara tersebut.

"Muhammadiyah secara organisasi mempersilakan anggota dan kader mengikuti reuni 212 di Monas, tapi tidak usah bawa atribut. Sebagai individu saja. Sejak awal kan pak ketum sudah mengeluarkan maklumat itu," kata Ketua PP Muhammadiyah Prof Dadang Kahmad saat dihubungi SINDOnews, Minggu (12/1/2019).

Dadang Kahmad mengatakan, Muhammadiyah secara organisasi tidak ikut terlibat dalam reuni 212. Artinya, organisasi tidak menyeru dan tidak melarang terhadap kegiatan seperti itu karena bukan wewenang Muhammadiyah, tapi wewenang aparat keamanan dan berizin.

Makanya, meskipun secara organisasi tidak ikut terlibat, tapi mempersilakan jika ada kader dan anggota yang ikut terlibat langsung di lapangan. Hanya saja, pihaknya berpesan agar anggota dan kader muhammadiyah bisa menjaga ketertiban dan tidak terpengaruh provokasi.

"Bagaimana pun kita sebagai penganut darul ahdi wa syahadah, mengakui tentang NKRI berdasarkan Pancasila. Dan kita harus merawatnya sebaik mungkin dan memperlihatkan kepada bangsa bahwa kita serius memajukan bangsa ini melalui Islam berkemajuan yang menjunjung tinggi ilmu pengetahuan dan kemodernan," terangnya.

Dia berharap, semua pihak bisa saling menjaga dan memelihara persatuan dan kesatuan bangsa. Apalagi, bangsa Indonesia sedang merajut kebersamaan pascapilpres yang cukup menguras energi. "Kedepannya, tidak ada lagi pilar-pilar yang memisahkan antara satu warga bangsa dengan warga bangsa lain," harapnya.

Oleh karena itu dalam pelaksanaannya, pinta dia, tidak justru memecah belah karena kepentingannya tidak se-urgent waktu menjelang pemilu. "Sekarang kan kita tinggal merasakan kedamaian dan fokus pada kehidupan masing-masing untuk mewujudkan Indonesia yang lebih baik ke depannya," terangnya.

Panitia acara Reuni 212 sudah mulai mempersiapkan tenda dan panggung di Monas. "Alhamdulillah sudah semua. Panggung, tenda, toilet tangki wudhu dan lain-lain sudah oke," kata Ketua Panitia Reuni 212, Awit Masyhuri.

Awit mengaku belum mendapat informasi ihwal siapa saja tamu VVIP yang sudah diundang. Namun yang pasti sudah konfirmasi kehadiran baru Wakil Ketua Umum Gerindra Fadli Zon. "Yang saya tahu baru Fadli Zon," pungkas Awit
(vhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.6618 seconds (0.1#10.140)