alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Atlet Muslim SEA Games 2019 Dipastikan Dapat Menu yang Makanan Halal

Susanto
Atlet Muslim SEA Games 2019 Dipastikan Dapat Menu yang Makanan Halal
Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) memastikan atlet Muslim -khusunya Indonesia- memperoleh menu makanan halal dari panitia SEA Games 2019. Foto: Kolase-SINDOnews

JAKARTA - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) memastikan para atlet Indonesia memperoleh menu makanan yang halal dari panitia SEA Games 2019.

Sebelumnya beredar kabar bahwa panitia menyediakan daging babi tanpa diketahui atlet Muslim.

Indonesia sebagai negara penyumbang atlet Muslim di SEA Games 2019 Filipina cukup khawatir terkait menu makanan yang disediakan Philippine Southeast Asian Games Committee (PHISGOC). Tak hanya Indonesia, negara mayoritas Muslim lain seperti Malaysia dan Brunei juga punya aturan ketat soal menu makanan halal.



Singapura bahkan dilaporkan sempat memesan menu makanan sendiri karena khawatir dengan isu tersebut. Namun, lewat pernyataan resmi Kemenpora yang diperoleh SINDOnews, masalah menu makanan halal dan non-halal sekarang sudah tidak perlu dipusingkan.

Kepastian itu didapat setelah Sekretaris Kemenpora, Gatot Dewa Broto, dan Ketua NOC Indonesia Raja Sapta Oktohari menghubungi langsung Mr. Cayetano selaku Ketua PHISGOC. Intinya, panitia SEA Games 2019 memastikan ketersediaan makanan halal untuk atlet Muslim yang berlaga di pesta olahraga multi-event tersebut.

"Bahwasanya sempat muncul isu pemberitaan tentang adanya sejumlah atlet Indonesia yang memakan daging babi, maka hal tersebut telah dibantah tidak hanya oleh sejumlah atlet Indonesia, tetapi juga oleh personel PHISGOC itu sendiri." demikian keterangan Kemenpora yang diperoleh
SINDOnews.

"Namun demikian, CdM Indonesia tetap akan rutin mengingatkan agar masalah menu halal tetap menjadi perhatian dan mengingatkan atlet dan official Indonesia untuk tetap hati-hati tanpa harus men-dramatisasi persoalan agar setiap masalah yang muncul dapat segera diatasi oleh PHISGOC." lanjut pernyataan yang sama.

Sebelumnya diberitakan, kepala juru masak kampung atlet, Bruce Lim, juga memastikan ketersediaan makanan halal untuk para atlet peserta SEA Games 2019. Menurutnya, panitia SEA Games 2019 sangat memperhatikan kebutuhan atlet Muslim.

"(Makanan, red) Kami sepenuhnya halal di sini. Kami mempertimbangkan kebutuhan makanan bagi saudara-saudari kami umat Muslim." kata Bruce Lim, dikutip Rappler.



(vhs)

loading...