Penyelesaian Pembangunan Jembatan Nasional Lauri Nias Terancam Molor

Jum'at, 29 November 2019 - 08:36 WIB
Penyelesaian Pembangunan Jembatan Nasional Lauri Nias Terancam Molor
Pembangunan jembatan nasional Lauri di Kabupaten Nias, Sumatera Utara yang menghubungkan Kota Gunung Sitoli dengan Kabupaten Nias Selatan (Nisel) terancam tidak selesai hingga akhir tahun ini. (Foto/Inews TV/Imam Jaya Lase)
A A A
NIAS - Pembangunan jembatan nasional Lauri di Kabupaten Nias, Sumatera Utara yang menghubungkan Kota Gunung Sitoli dengan Kabupaten Nias Selatan (Nisel) terancam tidak selesai hingga akhir tahun ini.

Hingga kini pengerjaan pembangunan jembatan yang terletak persisinya di Desa Lauri, Kecamatan Sogaeadu,tersebut sama sekali belum ada kemajuan.

Pantauan di lokasi, Kamis (28/11) pekerjaan masih proses penggalian dan pengeboran pondasi jenis borfile, tampak pengecoran kedua abutmen jembatan hingga kini belum dimulai. Sementara di sekitar lokasi proyek tidak terlihat plank proyek yang berisikan informasi proyek yang sedang dikerjakan.

Menurut sejumlah warga sekitar Yarman, Peri Waruwu, S Halawa, Ndruru mengaku kesal karena pembangunan jembatan tersebut belum ada kemajuan sama sekali. "Di lokasi, pekerjaan sering mogok, rekanan seakan acuh-tak acuh dalam menyelesaikan pembangunan jembatan tersebut", ujar Waruwu.

"Kendalanya kita kurang tau apakah karena kurang anggaran atau rekanannya yang lambat. Padahal masalah membebaskan lahan semua sudah tuntas, tapi masa sudah sebulan lebih pekerjaan dimulai namun belum ada perubahan yang signifikan?", kesal Yarman.

Sementara warga lainnya mengharapkan agar Kementerian PUPR melalui Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional Sumut II lebih meningkatkan pengawasan pekerjaan dan meminta kepada rekanan agar mempercepat proses pelaksanan pembangunan jembatan nasional Lauri di Nias secepat mungkin. Mengingat kondisi jembatan lama sudah tidak layak pakai karena kerusakannya semakin parah.

"Janganlah sampai terjadi kedua kalinya lalu lintas kendaraan lumpuh di jalur Gunung Sitoli-Telukdalam seperti kejadian tahun lalu para pemudik terganggu ketika melintasi jalan ini menyambut Natal dan tahun baru", keluh Rius Halawa yang melintas di jembatan Lauri.
(vhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 3.0591 seconds (0.1#10.140)