Menhan Prabowo Jajaki Kerja Sama Pertahanan dengan Turki

Kamis, 28 November 2019 - 22:47 WIB
Menhan Prabowo Jajaki Kerja Sama Pertahanan dengan Turki
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto saat menjajal kapal perang saat berkunjung ke Turki. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Sejak Senin 25 November 2019, Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto telah bertolak melakukan kunjungan diplomatik ke Turki. Selain bertemu dengan Menhan Turki Hulusi Akar, Prabowo juga melihat industri pertahanan di negara tersebut.

Prabowo menilai kerja sama militer dengan Turki sangat strategis bagi Indonesia. “Hari ini dari Istanbul, Pak Menhan menuju Ankara melakukan pembicaraan bilateral tentang kerja sama pertahanan dengan Menhan Turki,” kata Staf Khusus Menteri Pertahanan Bidang Komunikasi Publik dan Hubungan Antara Lembaga, Dahnil Anzar Simanjuntak dalam siaran pers yang diterima SINDOnews di Jakarta, Kamis (28/11/2019).

Sebelumnya, lanjut Dahnil, Prabowo juga melakukan pembicaraan dengan Angkatan Laut Turki dan melihat langsung industri kapal perang dan kapal selam Turki di Golcuk Naval Shipyard, Kocaeli.

Prabowo, kata dia, mengakui industri alat utama sistem persenjataan (alutsista) Turki itu berkembang pesat. Oleh karena itu kerja sama militer dengan Turki ini sangat strategis bagi Indonesia.

Terlebih, lanjut Dahnil, sejarah menunjukkan Turki merupakan negara yang kuat sejak era Dinasti Ottoman.

“Kerja sama militer dengan Turki sangat strategis mengingat industri alutsista Turki berkembang pesat khususnya terkait kapal perang dan kapal selam, ditambah lagi Turki memiliki sejarah militer yang panjang sebagai negara yang kuat secara militer sejak Ottoman Empire,” tutup Dahnil.
(zys)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.0874 seconds (0.1#10.140)