Diktaktor Kim Jong-un Tembakkan 2 Proyektil Diduga Rudal Korut

Kamis, 28 November 2019 - 19:04 WIB
Diktaktor Kim Jong-un Tembakkan 2 Proyektil Diduga Rudal Korut
Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un bersama para pejabat militernya. Foto/REUTERS/KCNA
A A A
SEOUL - Militer rezim diktaktor muda Korea Utara Kim Jong-un menembakkan dua proyektil Korea Utara (Korut) tak dikenal ke arah Laut Jepang, sore ini (28/11/2019).

Angkatan Laut Jepang menduga proyektil tersebut sebagai rudal. Kepala Staf Gabungan Militer Korea Selatan belum bisa mengidentifikasi proyektil itu sebagai rudal atau senjata lainnya. "Korea Utara telah melakukan peluncuran proyektil yang tidak dikenal," kata Kepala Staf Gabungan Korea Selatan dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip oleh kantor berita Yonhap.

Menurut laporan Yonhap, militer Korea Selatan sedang melakukan analisis data terkait aktivitas militer rezim Kim Jong-un tersebut.

Dinas Keamanan Angkatan Laut Jepang menduga dua proyektil yang ditembakkan Korut tersebut merupakan misil terbaru.

"Peluncuran, mungkin misil, telah dilakukan dari wilayah Korea Utara," kata dinas itu seperti dikutip NHK. "Rudal itu jatuh ke Laut Jepang, kemungkinan besar di luar zona ekonomi eksklusif Jepang."

Tembakan dua proyektil sore ini merupakan peluncuran yang kedua belas oleh militer Korut sejak bulan Mei.

Insiden itu terjadi beberapa hari setelah media pemerintah Korea Utara melaporkan bahwa Tentara Rakyat Korea (KPA) telah melakukan serangkaian latihan artileri di dekat perbatasan maritimnya dengan Korea Selatan, di mana Kim Jong-un hadir dalam latihan tersebut.

Menurut laporan itu, Kim Jong-un memerintahkan angkatan bersenjata Korut untuk melakukan "latihan perang seperti nyata" pada tingkat intensitas yang lebih tinggi.
(vhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.1537 seconds (0.1#10.140)