Sejumlah Babi Terindikasi Hog Cholera Ditemukan di Simalungun

Kamis, 28 November 2019 - 14:17 WIB
Sejumlah Babi Terindikasi Hog Cholera Ditemukan di Simalungun
Kadis Ketahanan Pangan,Perikanan dan Peternakan Pemkab Simalungun,Pardomuan Sijabat,Kadis Kesehatan Edwin T Simanjuntak dan Kapolsek Bangun AKP B Manurung meninjau lokasi ditemukannya babi terindikasi hog cholera di kecamatan Siantar,Kamis (29/11/2019).(F
A A A
SIMALUNGUN - Sejumlah babi peliharaan warga di Desa Dolok Hataran Kecamatan Siantar,Kabupaten Simalungun,terindikasi terjangkit virus hog cholera.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan,Perikanan dan Peternakan Pemkab Simalungun,Pardomuan Sijabat kepada Sindonews.com,Kamis (29/9/2019) mengatakan,dari sejumlah babi yang terindikasi hog cholera dengan ciri terdapat bintik merah,dan suhu tubuh tinggi,satu di antarnya sudah mati.

"Baru ini ditemukan ada babi mati dengan ciri terjangkit hog cholera di kecamatan Siantar,dan sudah dikubur, disaksikan camat Daniel Silalahi,kadis kesehatan,Edwin T Simanjuntak dan Kapolsek Bangun,AKP B Manurung," sebut Pardomuan.

Pardomuan menambahkan dengan ditemukannya babi mati dengan indikasi hog cholera pihaknya akan meningkatkan pelaksanaan program gempur disinpektan di kandang-kandang ternak babi warga.

"Gempur disinpektan yang sejak beberapa bulan lalu sudah dilaksanakan akan ditingkatkan menjangkau ke seluruh kecamatan sentra ternak babi,untuk mempersempit penyebaran virus hog cholera," kata Pardomuan.

Dia menambahkan,melalui kepala desa pihaknya sudah meminta warga tidak membuang bangkai babi sembarangan namun menguburnya.

Kapolsek Bangun AKP B Manurung menambahkan,masyarakat diminta tidak dengan sengaja membuang bangkai babi di sembarang tempat atau sungai maupuan saluran irigasi.

Kepala Dinas Kesehatan Pemkab Simalungun Edwin T Simanjuntak terpisah mengatakan masyarakat jangan panik dengan ditemukannua babi mati diduga akibat virus hog cholera karena tidak menular kepada manusia.

"Masyarakat jangan panik tetap tenang virus hog cholera tidak menular kepada manusia," kata Edwin.

Teks Photo:

Kadis Ketahanan Pangan,Perikanan dan Peternakan Pemkab Simalungun,Pardomuan Sijabat,Kadis Kesehatan Edwin T Simanjuntak dan Kapolsek Bangun AKP B Manurung meninjau lokasi ditemukannya babi terindikasi hog cholera di kecamatan Siantar,Kamis (29/11/2019).(Sindonews.com/Ricky F Hutapea)
(vhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.7146 seconds (0.1#10.140)