BKSDA Aceh: Ada 24 Peluru Senapan Angin Bersarang dalam Tubuh Seekor Orangutan

Rabu, 27 November 2019 - 20:38 WIB
BKSDA Aceh: Ada 24 Peluru Senapan Angin Bersarang dalam Tubuh Seekor Orangutan
Seekor orangutan dievakuasi oleh tim Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh bersama Yayasan Orangutan Sumatera Lestari-Orangutan Information Centre (YOSL-OIC). (Ist)
A A A
BANDA ACEH - Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh bersama Yayasan Orangutan Sumatera Lestari-Orangutan Information Centre (YOSL-OIC) mengevakuasi seekor orangutan yang di dalam tubunya ada 24 peluru senapan angin.

Evakuasi dilakukan dari kawasan hutan Desa Gampong Teungoh, Kecamatan Trumon, Aceh Selatan, Aceh.

Orangutan jantan tersebut mengalami luka tembakan senapan angin. S4 peluru bersarang di tubuhnya, kondisinya diperparah dengan mengalami kedua bola mata yang buta.

Orangutan tersebut dievakuasi ke Stasiun Karantina Orangutan Batu Mbelin Sibolangit, Sumatera Utara, untuk menjalani perawatan. Orangutan jantan yang berusia 25 tahun ini diberi nama Paguh.

Menurut dokter hewan Stasiun Karantina Sibolangit, drh. Meuthya Sr, terdapat 24 peluru ditubuh orangutan malang tersebut, tiga peluru yang bersarang dikepalanya telah dikeluarkan.

"Dari hasil X-Ray juga teridentifikasi 24 peluru yang tersebar di seluruh tubuhnya, di mana 16 peluru di bagian kepala, 4 peluru di bagian kaki dan tangan, 3 peluru di daerah panggul dan 1 peluru di daerah perut," kata Meuthya, kepada awak media, Rabu (27/11/2019).

Hal ini bukan kasus pertama orangutan menjadi target penembakan dengan senapan angin. Pada 10 Maret 2019, orangutan Hope dan satu anaknya dievakuasi setelah habitatnya menjadi kebun kelapa sawit di Kecamatan Sultan Daulat, Subulussalam.

Kala itu, 74 peluru bersarang di tubuh Hope. Sementara anaknya mati dalam perjalanan menuju Sibolangit.

Kepala BKSDA Aceh, Agus Arianto, mengajak semua pihak untuk melestarikan satwa liar seperti orangutan, populasi orangutan hanya tersisa sekitar 13.400 orangutan Sumatera di alam liar.

"Ketiga spesies orangutan terdaftar sebagai sangat terancam punah oleh International Conservation Union (IUCN) dalam “Daftar Merah Species Terancam,” pungkasnya.
(vhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 3.5177 seconds (0.1#10.140)