Anggota Kongres AS Ilhan Omar Dituduh sebagai Agen Asing

Selasa, 26 November 2019 - 20:41 WIB
Anggota Kongres AS Ilhan Omar Dituduh sebagai Agen Asing
Politisi Partai Demokrat AS, Ilhan Omar dituding sebagai agen asing. (Foto/The Nation)
A A A
WASHINGTON - Anggota Kongres Amerika Serikat (AS), Ilhan Omar menghadapi tuduhan serius dari seorang pengusaha Kanada. Dalam sebuah desposisi hukum di pengadilan Florida, politisi asal Partai Demokrat itu disebut telah direkrut oleh pemerintah asing, memberikan informasi sensitif kepada Iran, dan menerima dana dari pemerintah asing.

Seorang pengusaha kelahiran Kuwait, Alan Bender mengklaim memiliki hubungan erat dengan pemerintah dan kerajaan di seluruh Timur Tengah termasuk Qatar. Dalam pernyataannya, ia mengatakan bertemu dengan Sekretaris untuk Emir Qatar untuk Urusan Keamanan Mohammad bin Ahmed bin Abdullah al-Masnad serta dua pejabat senior Qatar lainnya.

"Jika bukan karena uang kita, Ilhan Omar hanya akan menjadi pengungsi Somalia kulit hitam di Amerika yang mengumpulkan kesejahteraan dan melayani meja pada akhir pekan," menurut deposisi Bender yang telah disumpah merujuk pada tiga orang yang diduga mengklaim kredit atas peningkatan Omar yang drastis seperti dikutip dari Al Arabiya, Selasa (26/11/2019).

Deposisi itu diperoleh oleh Al Arabiya dalam Bahasa Inggris dan disahkan oleh pengacara untuk penggugat.

Bender dipanggil dalam sebuah gugatan terhadap saudara emir Qatar, Sheikh Khalid bin Hamad al-Thani, yang dituduh memerintahkan pengawalnya asal Amerika untuk membunuh dua orang dan menahan paramedis Amerika yang disewa.

Dalam deposisinya, Bender bersaksi tentang pertemuannya dengan al-Masnad dan pejabat Qatar lainnya di mana mereka menyebutkan kasus Sheikh Khalid, dan membahas kampanye Qatar untuk mempengaruhi politisi Barat.

Dalam kesaksian itu, Bender mengklaim telah diminta untuk merekrut politisi dan jurnalis Amerika menjadi aset Qatar. Ia mengatakan dia keberatan dan para pejabat Qatar menanggapi dengan mengatakan bahwa beberapa politisi dan jurnalis Amerika sudah berada dalam daftar gaji - yang paling menonjol adalah Omar, yang diduga digambarkan sebagai "permata mahkota", menurut deposisi itu.

Lebih jauh tuduhan Bender menyebut al-Masnad mengatakan bahwa Qatar merekrut Ilhan Omar bahkan sebelum dia berpikir untuk menjadi pejabat pemerintah.

"Mereka merawatnya dan mengatur yayasan, dengan alasan, agar dia masuk ke dunia politik sebelum dia bahkan menunjukkan bunga. Mereka meyakinkannya. Sementara itu, Omar bekerja sama dengan Qatar dan menerima pembayaran tunai," tuduh Bender dalam deposisi.

Media Amerika dan Turki sebelumnya melaporkan bahwa Omar bertemu dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, pendukung utama Ikhwanul Muslimin, ketika dia adalah perwakilan negara junior di Minnesota pada 2017. Menurut Bender, Omar bertemu Erdogan dan diduga bersumpah setia kepadanya.

Bender mengklaim bahwa begitu Omar menjabat, dia menggunakan posisinya di Dewan Perwakilan Rakyat untuk mengakses informasi sensitif yang dia sampaikan ke Qatar, dan melalui mereka ke Iran.

Menurut deposisi Bender, peran Omar dalam kampanye pengaruh Qatar sangat penting. Dia secara aktif merekrut politisi lain atas nama Qatar, katanya dalam pernyataan itu.

"Qatar mengklaim bahwa hal terbaik yang dapat dibeli dengan uang adalah pejabat Amerika karena mereka adalah pejabat termurah yang termurah di dunia," menurut kesaksian Bender.
(zys)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.1760 seconds (0.1#10.140)