Lagi, Ditemukan Bangkai Babi DIbuang Sembarangan

Senin, 25 November 2019 - 21:06 WIB
Lagi, Ditemukan Bangkai Babi DIbuang Sembarangan
Bangkai babi dibuang sembarangan di Jalan Kapten Sumarsono, Desa Heletia, Kecamatan Medan Sunggal, Medan, Sumut, Senin (25/11/2019). (Foto: Istimewa)
A A A
MEDAN - Warga Jalan Sumarsono, Desa Helvetia, Kecamatan Sunggal, Kota Medan, dihebohkan dengan penemuan bangkai hewan babi di pinggir jalan, Senin (25/11/2019). Warga kemudian memberitahukan kepada aparat Desa Helvetia.

Menindaklanjuti laporan dari warga, Kepada Dusun II Desa Helvetia Agus Sutikno langsung bergerak cepat berkoordinasi dengan personel TNI AD. Tim selanjutnya ke lokasi untuk mengevakuasi bangkai babi dan memusnahkannya dengan cara dibakar.

“Ini tadi siang ditemukan sekitar pukul 12.00 WIB lewat, tapi kami belum tahu siapa yang membuangnya di sini,” kata Agus Sutikno.

Agus mengatakan, selama ini pihaknya sudah melakukan patroli untuk mengantisipasi pembuangan babi sembarangan. Namun, masih saja ada warga yang membuang bangkai hewan ternak itu di jalanan.

“Kami patroli pada malam hari. Kalau malam masih aman, tapi nyatanya dibuang siang hari,” kata Agus.

Kepala Dusun memohon kepada pemilik hewan ternak agar tidak lagi membuang bangkai babi sembarangan. Sebab, masyarakat merasa resah dan terganggu. “Jangan lah membuang babi sembarangan, mohon kerja samanya,” ujarnya.

Dia juga mengingatkan kepada pelaku pembuang babi bahwa mereka dapat dijerat pidana dengan ancaman hukuman 10 tahun penjara karena merusak lingkungan.

Sebelumnya warga Medan juga diresahkan dengan aksi pembuangan bangkai babi ke Danau Siombak. Polsek Medan Sunggal telah mengamankan sejumlah warga yang diduga akan membuang bangkai yang terkena wabah hog cholera itu ke aliran sungai.

Tim gabungan yang terdiri atas Pemkot Medan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Medan, Polres Pelabuhan Belawan, TNI dan dibantu masyarakat telah menguburkan 351 ekor bangkai babi yang dibuang ke Sungai Bederah dan Danau Siombak, Kecamatan Medan Marelan, Selasa (12/11/2019). Bangkai ini dikubur dalam lima lubang besar dengan mengerahkan satu unit alat berat.
(vhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.2233 seconds (0.1#10.140)