Protokol Kesehatan, 150 WNI dari Malaysia Diperiksa saat Tiba di Bandara Kualanamu

Sabtu, 06 Juni 2020 - 20:02 WIB
loading...
Protokol Kesehatan, 150 WNI dari Malaysia Diperiksa saat Tiba di Bandara Kualanamu
Sebanyak 150 WNI dari Malaysia tiba di Bandara Internasional Kualanamu (KNIA) Kabupaten Deliserdang, Sumut menggunakan penerbangan Malaysia Airlines pada Sabtu (6/6/2020). foto/ist
A A A
DELISERDANG - Sebanyak 150 Warga Negara Indonesia (WNI) dari Malaysia tiba di Bandara Internasional Kualanamu (KNIA) Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara (Sumut) menggunakan penerbangan Malaysia Airlines pada Sabtu (6/6/2020) pukul 15.00 WIB.

Para WNI yang tiba dari Malaysia menumpangi pesawat Malaysia Airlines dengan nomor Flight MH8712 tujuan KUL-KNO. Manajeman PT Angkasa Pura II (Persero) selaku pengelolan kebandarudaraan di KNIA melakukan pemeriksaan secara ketat sesuai prosedur protokol kesehatan di Terminal Kedatangan Internasional. (Baca juga : Pengusaha Hotel dan Restoran Apresiasi Bupati JR Saragih Buka Parapat Kembali )

Executive General Manager PT Angkasa Pura II, Bandara Internasional Kualanamu, Djodi Prasetyo menerangkan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) KNIA sendiri telah menjalankan protokol kesehatan secara ketat terhadap penumpang pesawat khususnya yang tiba dari luar negeri yaitu melakukan wawancara, pemeriksaan suhu, tanda dan gejala Covid-19, pemeriksaan saturasi oksigen, dan pemeriksaan rapid test dan/atau PCR.

Menurutnya, bagi WNI yang memiliki sertifikat menyatakan bebas COVID-19 dapat juga menunjukkan sertifikat tersebut kepada personel KKP untuk penanganan lebih lanjut. Secara detail, protokol kesehatan yang dijalankan di pintu masuk Indonesia terdapat di dalam Surat Edaran Nomor HK.02.01/MENKES/313/2020.

"Manajeman Kantor Cabang PT Angkasa Pura II Bandara Internasional Kualanamu memfasilitasi kedatangan penumpang yang tiba dari luar negeri. Mereka yang datang seperti biasanya harus menjalani pemeriksaan protokol kesehatan secara ketat dan intensif," terang Djodi Prasetyo. (Baca juga : Terapkan Protokol Kesehatan, Istana Maimun Dibuka Hari Minggu Besok )

Dikatakannya, pemeriksaan terhadap penumpang pesawat khususnya yang tiba dari luar negeri dilakukan oleh pihak KKP Bandara Internasional Kualanamu Deliserdang.

"Stakeholder di Bandara Internasional Kualanamu melakukan peningkatan di berbagai aspek guna mendukung KKP tetap dapat menjalankan protokol kesehatan secara ketat dan tetap memperhatikan physical distancing," ujarnya.
(nfl)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2354 seconds (0.1#10.140)